JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SMPN 8 Surakarta Gelar Upacara Penyerahan Kembali  Peserta Didik Kelas IX Secara Virtual

SMP Negeri 8 Surakarta menggelar acara pelepasan siswa kelas IX secara virtual / Dok Humas Sekolah
PPDB
PPDB
PPDB

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM SMP Negeri 8 Surakarta menggelar upacara penyerahan kembali peserta didik kelas IX  pada Jumat (4/6/2021) sore, pukul 15.00 WIB.

Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta, Sri Suprapti melalui rilisnya ke Joglosemarnews menjelaskan, mengingat masih suasana pandemi, ritual tersebut dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dipimpin Waka Humas, Muji Widodo, S.Pd.Fis. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin Ch. Endah Setyawati, S.Pd.

Wahyu menjelaskan, Peserta Didik Kelas IX Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 256 orang. Jumlah tersebut  terdiri dari 151 Peserta Didik Putra dan 105 Peserta Didik Putri dan telah mengikuti ujian.

Dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Baik secara langsung di ruang aula SMP Negeri 8 Surakarta maupun yang ada di rumah masing-masing melalui zoom / secara virtual.

“Semoga materi yang diberikan oleh para guru di sekolah ini mampu mengantarkan anak-anak semua melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya,” ujarnya.

Pada bagian lain, Triad Suparman menyampaikan, selama ini, SMP Negeri 8 Surakarta selalu mengembangkan budaya sekolah. Sekolah juga konsisten mengimplementasikan program Penguatan Karakter yang kemudan dilanjutkan dengan pembentukan profil pelajar Pancasila.

“Harapannya, sekolah dapat meluluskan siswa yang memiliki karakter beriman, bertakwa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royon, kreatif dan bernalar kritis,” bebernya.

Triad mengakui, proses pembelajaran semester genap ini juga masih terganggu sampai akhir tahun peajaran 2020/2021.

“Terpaksa para siswa harus belajar di rumah dengan pantauan guru dan orang tua masing-masing,” bebernya.

Triad Suparman secara khusus mengucapkan selamat kepada siswa kelas IX yang telah lulus. Ia juga berharap agar anak-anak yang telah lulus nantinya dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan diminati.

Sementara itu, Ketua Komite Sekolah, Ngatman, S.Pd dalam kata sambutannya mengungkapkan ucapan yang tulus setingi-tingginya kepada para guru.

Pasalnya, para guru telah mendidik , membimbing, membina, mendampingi dan mengawasi peserta didik yang lulus 100 persen.

“Semoga kerja keras dan ikhlas semuanya menjadi amal kebaikan bagi Bapak Ibu Guru. Dan para siswa melanjutkan ke sekolah yang sesuai dengan cita-citanya,” ujar  Ngatman.

Sedangkan Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Drs. Sutrisno, M.Pd  mengucapkan selamat atas kelulusan tersebut. Dia juga mengapresiasi para guru karena di tengah pandemi, masih bisa mendampingi peserta didik dengan baik.

“Dan akhirnya lulus dengan nilai yang baik.  Peserta Didik harus merasa yakin di manapun sekolah nanti, tetap percaya diri yang penting bisa sukses,” ujarnya.  suhamdani