JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Tak Ada Rentang Nilai, Begini Cara Membaca Peluang Pendaftaran Siswa Baru Jalur Prestasi PPDB Online Sragen 2021!

Ilustrasi seorang siswi melihat pengumuman hasil PPDB. Dok/JSnews

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen memastikan untuk tahun ini tidak ada rentang nilai lulusan SD atau SMP yang bisa disajikan ke masyarakat.

Ditiadakannya ujian nasional (UN) membuat dinas tidak memiliki database nilai lulusan semua siswa baik di jenjang SD maupun SMP.

Padahal rentang nilai itu biasanya menjadi salah satu pedoman bagi orangtua siswa untuk menakar peluang anaknya ketika mendaftar sekolah lewat jalur prestasi.

“Karena tahun ini tidak ada UN dan ujian digelar sekolah masing-masing, jadi nggak ada data nilai lulusan yang masuk ke dinas. Beda dengan tahun-tahun lalu kan semua UN serentak dari pusat, nilainya dikirim ke dinas,” papar Kabid Pembinaan SMP Disdikbud Sragen, Prihantomo kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (15/6/2021).

Advertisement

Prihantomo menguraikan rentang nilai untuk PPDB dengan zonasi seperti saat ini, sebenarnya juga tidak begitu berperan sebagai parameter untuk membaca peluang siswa.

Baca Juga :  Sragen Hari Ini Hanya Tambah 3 Kasus Positif Baru, 2 Lokasi Isolasi Sudah Kosong, Warga Tervaksin Mencapai 822.761

Jalur zonasi sendiri menyediakan 60 persen dari kuota kursi di masing-masing sekolah SMP. Patokan nilai hanya diperlukan jika mendaftar lewat jalur prestasi.

Untuk kuota jalur prestasi jenjang SMP, menyediakan 20 persen kursi. Karena tidak ada rentang nilai, maka pihaknya menyarankan agar calon siswa atau wali murid rajin memantau jurnal harian pendaftaran di sekolah yang dikehendaki.

Dari jurnal harian itu, akan bisa terlihat berapa saja nilai yang sudah mendaftar dan peluang untuk bisa diterima.

“Saran kami kalo mau ndaftar lewat jalur prestasi, ya harus rajin-rajin pantau jurnal harian. Dengan melihat jurnal, maka akan tahu berapa saja nilai yang sudah mendaftar, nilainya kira-kira masih masuk atau ndak. Karena tidak ada rentang nilai, ya tahunya nilai itu ketika nanti sudah mendaftar,” jelasnya.

Baca Juga :  Sopir Bus AKAP Menjerit, Organda Sragen Desak Pertamina Penuhi Stok BBM Solar. Ketua: Solar Langka, Ekonomi Bisa Lumpuh!

Terkait hal itu, semua sekolah penyelanggara PPDB sudah diminta membuat jurnal harian yang ditempel di papan pengumuman sekolah setiap sore hari.

Hal itu dimaksudkan untuk memfasilitasi jika ada wali murid atau siswa yang ingin memantau jurnal ke sekolah. Selain itu, masyarakat juga bisa memantau jurnal harian melalui website resmi PPDB yang sudah tersedia.

Lebih lanjut, Prihantomo menyampaikan untuk jalur zonasi, tahun ini sedikit ada perbedaan dari perhitungan jarak.

Jika sebelumnya berpatokan pada koordinat balai desa atau kantor kelurahan, tahun ini yang jadi patokan adalah RT tempat domisili siswa.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua