JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Benarkah Air Kelapa Berkhasiat Sembuhkan Covid-19? Ini Ulasan Medisnya

Ilustrasi kelapa / pixabay


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Kasus positif Covid-19 yang tidak kunjung selesai membuat masyarakat mencari cara untuk melindungi diri dari virus ganas ini.

Beberapa waktu yang lalu, viral susu bear brand yang dapat menangkal Covid-19 hingga habis di pasaran dan harga melonjak sangat tingi. Tidak berhenti sampai di situ, sekarang beredar kabar bahwa air kelapa muda dapat menangkal Covid-19.

Air kelapa muda biasanya dikonsumsi masyarakat sebagai sebuah minuman yang menyegarkan. Namun, sekarang beredar kabar bahwa air kelapa muda bisa menyembuhkan seseorang yang sedang terkena Covid-19.

Awal mula beredar mengenai khasiat dari air kelapa muda yang dapat menangkal Covid-19 disampaikan melalui pesan berantai whatsapp.

Pesan berantai tersebut menjelaskan bahwa air kelapa muda yang dicampur dengan garam dan jeruk nipis dalam waktu satu jam Covid-19 akan hilang.

Faktanya, air kelapa muda yang dicampur dengan jeruk nipis dan garam berfungsi untuk meningkatan daya tahan tubuh bukan berarti dapat menghilangkan virus Covid-19.

Oleh karena itu, munculnya isu air kelapa muda dapat menyembuhkan covid menyebabkan buah kelapa banyak diburu oleh masyarakat. Masyarakat berbondong-bondong membeli air kelapa tersebut tanpa mengkonfirmasi kegunaan dari air kelapa apakah benar atau salah.

Akibat dari pembelian buah kelapa yang naik, menyebabkan harga kelapa di pasaran juga ikut naik. Tidak hanya pedagang kecil dipinggir jalan, supermarket, dan toko-toko kecil juga terkena dampaknya.

Baca Juga :  Terkait Kabar Antibodi Vaksin Sinovac Melemah dalam 6 Bulan, Begini Penjelasan Kemenkes

Menurut dokter spesialis gizi klinis di RS Pondok Indah, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, kandungan yang terdapat pada air kelapa mungkin saja bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

“Memang kandungannya, Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9 sangat menonjol pada kelapa muda. Ternyata Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan,” ungkapnya Senin (12/7/2021), dikutip dari tribunnews.com.

Ia juga menambahkan bahwa memang kandungan vitamin B terlibat dalam enzimatik di dalam tubuh. Namun, bukan berarti dapat menyembuhkan penyakit.

Reaksi kimia pada tubuh banyak didukung oleh vitamin B. dr. Juwalita juga mengatakan jika air kelapa memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi, karena mengandung kalium dan magnesium.

Dr. Juwalita Surapsari juga mengatakan bahwa belum ada uji klinis ilmiah bahwa air kelapa mampu berfungsi sebagai obat, walaupun mungkin saja bisa meningkatkan imunitas dari kandungannya.

“Jadi jika dia merasa lebih baik, sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subjektif dan kita harus melihatnya secara komprehensif, yang pertama kemungkinan memang orang ini sudah menjalankan pengobatan yang dianjurkan,” tambahnya.

Baca Juga :  Sederat Manfaat Daun Kelor, Perkuat Imun Tubuh dan Bisa Atasi Kolesterol

Orang yang terkena covid dimungkinkan dapat sembuh karena mendapatkan perawatan yang baik dari pihak yang menangani.

Di samping itu mereka juga mengkonsumsi obat-obatan dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh sehingga kesembuhan pasien akan terasa lebih cepat. Obat-obatan yang dimaksud adalah obat yang telah diresepkan oleh dokter untuk menunjang kesembuhan pasien.

Salah satu kunci kesembuhan covid-19 adalah menjaga agar tubuh tetap mendapat asupan cairan yang cukup, tidak hanya bergantung terhadap air kelapa muda. Selain itu, mereka sudah menjalani diet seimbang yang sifatnya memang mendukung. Inasya Salma Nabila