JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Bupati Sragen Terbitkan Inbup PPKM Darurat, Berlaku Mulai Hari Ini. Tujuh Sektor Dibatasi dan Ditutup, Hanya 3 Usaha Ini yang Boleh Buka 24 Jam dan Berjalan 100 %!

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bupati Sragen resmi menerbitkan Instruksi Bupati (Inbup) terkait pembatasan kegiatan masyarakat selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

PPKM Darurat mulai diberlakukan hari ini tanggal 3 Juli sampai 20 Juli mendatang. Dalam Inbup tersebut, Pemkab membuat pembatasan sejumlah kegiatan di tujuh sektor dengan pengetatan.

Tujuh sektor itu yakni sektor perekonomian; sektor sosial; sektor kesehatan; sektor transportasi, sektor area publik; sektor pariwisata; dan sektor keagamaan.

Dalam Inbup tersebut, Bupati menegaskan status Sragen saat ini dalam kriteria level tiga. Dari sejumlah kegiatan, hanya tiga poin yang boleh berjalan normal dan buka 24 jam yakni apotek, konstruksi dan industri.

Beberapa hal yang diatur dengan pembatasan selama PPKM Darurat di antaranya sektor pendidikan.

Bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Sekolah, Perguruan Tinggi/Akademi/ Sekolah Tinggi atau sejenisnya, serta Pendidikan/Pelatihan dalam bentuk apapun dilaksanakan secara daring atau online.

Kemudian perkantoran menerapkan 75 persen pegawai bekerja Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah. Sedangkan 25 persen pegawai bekerja di kantor atau WFO yang mekanismenya diatur lebih lanjut oleh pimpinan perkantoran masing-masing.

Baca Juga :  Harga Gas Melon di Sragen Naik 100% Jadi Rp 30.000 Selama Idul Fitri, Politikus Nasdem Bongkar Penyebabnya

“Supermarket, toko kelontong dan pasar swalayan atau dengan sebutan lain yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai pukul 20.00 WIB. Kapasitas pengunjung dibatasi 50 persen,” papar Bupati.

Hanya apotik dan toko obat dapat buka selama 24 jam. Kemudian pedagang angkringan, pedagang kaki lima, warung makan, cafe, restoran, rumah makan, dan sejenisnya baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/toserba hanya menerima pesanan.

Jam operasionalnya dibatasi sampai 20.00 WIB. Kemudian kegiatan di pusat perbelanjaan, toserba, shopping center, toko tradisional, grosir, counter ponsel dan pusat perbelanjaan sejenis, juga dibatasi sampai 20.00 WIB.

Namun untuk kegiatan konstruksi seperti tempat konstruksi dan lokasi proyek diijinkan beroperasi 100 persen alias jalan terus dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Untuk semua tempat ibadah ditutup sementara sesuai Surat Edaran Kemenag Sragen,” imbuh Bupati.

Kemudian fasilitas umum seperti area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya juga ditutup sementara.

Baca Juga :  Pra Popda Karisidenan Surakarta Digelar di Sragen, Sembilan Cabang Olahraga Dipertandingkan

Lantas kegiatan seni, olahraga, sosial dan budaya, pasar malam, pasar adat musiman atau dengan sebutan lain yang
menimbulkan kerumunan ditutup.

Sementara untuk kegiatan perhotelan, losmen dan home stay dapat menerima tamu dengan kewajiban melampirkan hasil pemeriksaan swab antigen atau PCR negatif berlaku 2 x 24 jam.

“Penyelenggaraan event rapat, hiburan atau perayaan sejenis di dalam hotel di tutup sementara,” tukasnya.

Kegiatan perindustrian dan perdagangan seperti pasar tradisional, industri rumahan dan sejenisnya tetap beroperasi 100 % dengan prokes ketat.

Kegiatan sektor industri agar melaksanakan pengaturan shift dan pergantian waktu pekerja dengan memenuhi protokol kesehatan secara ketat dan mencegah terjadinya kerumunan.

Destinasi wisata dan sarana penunjang yang mendatangkan kerumunan ditutup untuk sementara dan akan dibuka kembali setelah zona kuning.

Usaha pariwisata seperti tempat hiburan, bioskop, karaoke, warnet, game online, tempat olahraga, spa dan kegiatan usaha sejenis ditutup sementara.

Kegiatan kuliner milik pemerintah daerah dan kegiatan Night Market Sukowati di tutup selama masa PPKM darurat ini
diberlakukan. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com