JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bupati Wonogiri Joko Sutopo Sayangkan Kejadian Warga Tolak Gadis Yatim Piatu yang Jalani Isoman di Fasilitas Desa



WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
-Ternyata hal kurang mengenakkan yang menimpa Yn sudah terdengar hingga telinga Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Menurut Bupati, adanya satu orang warga yang menolak Yn untuk menjalani isoman di fasilitas desa adalah masalah miskomunikasi.

“Kita koordinasikan hal ini dengan camat dan kepala desa supaya kasus semacam ini bisa diantisipasi,” jelas Bupati, Jumat (23/7/2021).

Bupati menambahkan, bicara soal kasus tersebut, hanya ada satu orang warga yang melakukan penolakan. Hal itu menurut dia tak perlu dibesar-besarkan. Sebab, sudah ribuan kasus isoman baru ada satu kasus penolakan yang terjadi.

Baca Juga :  Begini Loh Cara Menekan Biaya Produksi Pertanian yang Masih Terbilang Tinggi Hingga Memberatkan Petani

“Berarti ini ada miskomunikasi, ada pemahaman yang tidak utuh yang diterima orang itu,” beber dia.

Advertisement

Pria yang akrab disapa Jekek itu mengatakan perlu ada langkah persuasif yang diambil. Harus diketahui apa yang menjadi masalah di lapangan, misalnya kekhawatiran masyarakat terhadap hal itu apa. Pemerintah pun wajib memfasilitasi lewat Satgas Penanganan COVID-19 di tingkat desa dan kecamatan.

Miskomunikasi itu menurut dia karena berbedanya tingkat pemahaman di tengah masyarakat, itu yang menjadi tantangan. Karena itu dibutuhkan social team work dan pemahaman berbasis kultural sehingga mudah diterima oleh masyarakat.

Baca Juga :  Tak Perlu Buru buru, ini yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pelaksanaan PTM

“Jangan sampai terjadi lagi. Kalau bicara probabilitasnya kan bukan sesuatu yang konstruktif. Hanya sesuatu yang sifatnya emosional saja, maka perlu ada pendekatan. Kalau RT ndak mempan ada Pak Kadus, masih tidak mempan ada Pak Kades, potensi SDM banyak terakhir bisa bupati juga,” tandas Bupati.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua