JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Hari Anak Nasional, 1.020 Narapidana Anak Memperoleh Remisi Hukuman

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly / Instagram


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS – Bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional 2021, sebanyak 1.020 narapidana anak mendapatkan remisi.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly. Dia menyampaikan bahwa pemberian remisi itu bertujuan untuk menjaga kepentingan terbaik anak yang berhadapan dengan hukum dan mempercepat kembalinya anak ke tengah keluarga dan masyarakat.

“Ini (remisi) bukan sekadar amanat undang-undang, melainkan bentuk nyata kepedulian Kementerian Hukum dan HAM dalam mengedepankan kepentingan anak dan mempercepat reintegrasi anak ke tengah-tengah masyarakat,” kata Yasonna dalam keterangan pers diterima, Jumat (23/7/2021) sebagaimana dikutip dari liputan6.com.

Sebanyak 1.001 anak binaan mendapatkan RAN I atau pengurangan sebagian masa hukuman dan 19 anak lainnya mendapatkan RAN II atau langsung bebas.

Advertisement
Baca Juga :  Kabar Gembira! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 21 Dibuka. Simak Syarat-syaratnya

Selain itu, Yasonna juga meminta kepada masyarakat untuk tidak memandang anak yang sedang berhadapan dengan hukum sebagai penjahat kecil.

“Masyarakat harus meninggalkan stigma terhadap anak yang berhadapan dengan hukum. Mereka jangan lagi dilihat sebagai penjahat kecil, melainkan calon-calon penerus bangsa yang tetap harus dilindungi haknya,” tambahnya.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua