JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Demo Pembangunan Pabrik PT Glory Sragen, Warga Desa Bener Geruduk Balai Desa. Tuntut Kompensasi Tiap KK Rp 30 Juta dan Sejuta Perbulan

Warga Desa Bener, Ngrampal, Sragen saat membentangkan spanduk berisi tuntutan kompensasi pembangunan pabrik PT Glory sebelum demo ke balai desa, Senin (26/7/2021). Foto/Wardoyo


SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Belasan warga di Desa Bener, Kecamatan Ngrampal, Sragen menggelar aksi demo ke balai desa setempat, Senin (26/7/2021).

Mereka menuntut agar pembagian kompensasi dampak pembangunan pabrik garmen PT Glory bisa merata ke semua warga di radius terdampak.

Belasan warga itu menggelar demo dengan mendatangi balai desa. Tidak ada orasi, namun mereka langsung menuju balai desa untuk menyampaikan aspirasi di hadapan Kades dan jajaran perangkat desa.

Ada dua tuntutan utama yang disampaikan. Pertama, warga meminta agar kompensasi dampak pembangunan pabrik diberikan secara merata ke warga.

Advertisement

Sebab selama ini kompensasi hanya diberikan kepada 27 KK di RT 27. Padahal warga mencatat ada 41 KK yang terdampak di tiga RT yakni 25, 26 dan 27.

Baca Juga :  Dilaporkan Polisi, Bupati Sragen Tegaskan Tak Gentar. Ini Imbauannya ke Warga dan Pihak-Pihak yang Terendus Ingin Ambil Keuntungan!

Indikasi Kongkalikong

Salah satu perwakilan warga, Iskandar mengatakan ada indikasi ketidakterbukaan dari tokoh yang mengajukan kompensasi kepada pihak pabrik.

Hal itu yang akhirnya memicu kecemburuan di kalangan warga. Dari informasi yang diterima warga, dari 27 KK itu, tiga warga yang jalannya terdampak sudah menerima kompensasi masing-masing Rp 30 juta.

Sedangkan sisanya juga sudah menerima kompensasi namun besarannya belum diketahui.

“Kami meminta semua yang terdampak juga dapat kompensasi. Karena sebelumnya ada dugaan kongkalikong. Bagaimana bisa kami ajukan proposal di bulan Maret jumlah KK 41, yang diajukan ke atas malah proposal RT yang 27 KK. Makanya harapan kami 41 KK itu semua dapat Rp 30 juta dan perbulan setiap KK diberi Rp 1 juta. Karena kalau dibilang terdampak semua juga terdampak nggak hanya yang dekat saja,” terangnya.

Baca Juga :  Siap-Siap, Perubahan SOTK Sragen Segera Berlaku. Dinkop UMKM dan Jabatan Kabid Hilang, Jabatan Fungsional Diperbanyak
Warga saat menyampaikan aspirasi di hadapan Kades dan jajaran Pemdes Bener dalam demo di balai desa, Senin (26/7/2021). Foto/Wardoyo

Iskandar menyampaikan tuntutan kompensasi Rp 1 juta perbulan itu terhitung mulai bulan September 2020 sampai Juli 2021 atau 11 bulan.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua