JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Makanan Mengandung Zinc, Bantu Sistem Kekebalan Tubuh

Susu. pexels


JOGLOSEMARNEWS.COM – Zinc berperan mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Zinc merupakan zat mineral yang membantu proses pembelahan sel, pertumbuhan sel, pemecahan karbohidrat, dan proses penyembuhan luka.

Kekurangan zinc dalam jangka panjang dapat memicu terjadinya infeksi hipogonadisme pada pria, rambut rontok, penurunan nafsu makan, masalah pada indera penciuman dan perasa, luka kulit, lamanya proses penyembuhan luka, dan lambatnya pertumbuhan.

Oleh karena itu kita perlu asupan zinc yang cukup, agar tubuh bis mempertahankan sistem kekebalan tubuhnya.

Lalu dari mana kita memperoleh zinc? Berikut ini sumber zinc dari makanan sehari-hari.

Daging

Advertisement
Baca Juga :  Presiden Jokowi Minta Masyarakat Siap Hadapi Endemi Covid-19. Apa Beda Pandemi dan Endemi?

Melansir Medline Plus, daging merah seperti sapi, domba, lebih tinggi menawarkan kandungan zinc dibandingkan ikan. Dan, daging ayam berwarna gelap mengandung zinc lebih tinggi dibandingkan daging ayam berwarna terang.

Tiram

Enam tiram menyediakan 32 mg zinc untuk memenuhi kebutuhan zinc harian. Jenis kerang selain tiram mengandung zinc lebih sedikit dibandingkan tiram, namun masih menjadi sumber zinc yang baik.

Namun, saat sedang hamil, pastikan konsumsi kerang saat sudah benar-benar matang, guna meminimalisir terjadinya risiko keracunan makanan.

Biji-bijian

Mengutip artikel Healthline, biji-bijian mampu meningkatkan asupan zinc dalam tubuh. Misalnya tiga sendok makan biji rami yang mengandung 31 dan 43 persen asupan zinc harian untuk pria dan wanita.

Baca Juga :  Sudah Minum Kopi Kok Malah Mengantuk, Mungkin Ini Penyebabnya

Selain rami, biji-bijian pemasok zinc termasuk biji labu, dan wijen. Tak hanya menyediakan zinc, biji-bijian juga menawarkan kandungan serat, lemak sehat, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti buncis, lentil, dan beberapa jenis lainnya mengandung zinc dalam jumlah cukup besar. Namun, kacang-kacangan juga mengandung fitat yang dapat menghambat penyerapan seng dan mineral lainnya, sehingga tubuh tidak bisa menyerap zinc kacang-kacangan sebaik menyerap zinc dari produk hewani.

Halaman:   1 2 Semua