JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19, Ternyata Daerah di Inhil Riau Ini Tetap Berzona Hijau

ilustrasi virus Corona


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Hampir semua daerah dan kota di Indonesia selama pandemi tak lepas dari jamahan Covid-19. Namun, sebenarnya ada tidak daerah yang terbebas dari pengaruh Covid-19?

Ternyata masih ada. Kecamatan Reteh merupakan satu dari beberapa kecamatan di Kabupaten Indragiri Hilir atau Inhil, Riau, yang berada di wilayah Zona Hijau selama pandemi Covid-19.

Sejak awal kasus virus corona mulai muncul di Tanah Air hingga pertengahan Juli 2021, sejumlah kecamatan di Indragiri Hilir bagian selatan seperti Kecamatan Batang, Kecamatan Kemuning, Kecamatan Enok, Kecamatan Keritang dan Kecamatan Kempas tetap berstatus aman.

Melansir dari corona.riau.go.id, hingga 5 April 2021 lalu kasus Covid-19 terkonfirmasi mencapai 1.000 kasus dan suspek sebanyak 7.257.

Advertisement

Kasus Covid-19 terkonfirmasi paling banyak terjadi di Kota Tembilahan dengan jumlah 514 kasus, dari jumlah tersebut 478 di antaranya sembuh, dan 30 meninggal serta enam pasien menjalani isolasi di rumah sakit maupun mandiri.

Baca Juga :  2 WNA Belanda dan Rusia Berkomplot Otaki Sindikat Pembobolan Data ATM Bank BUMN. Diringkus Polda Metro, Begini Modusnya!

Sementara Kecamatan Batang merupakan wilayah dengan kasus Covid-19 nihil dalam laporan per 5 April tersebut.

Sementara itu, berdasarkan data terbaru per 26 Juli 2021, kasus Covid-19 terbaru di Inhil menduduki posisi ke 5 di antara seluruh kabupaten di Riau.

Dari 1.137 kasus baru di Riau, Inhil menyumbang 73 kasus. Sementara per 5 April 2021, di Kecamatan Reteh sendiri kasus Covid-19 terkonfirmasi mencapai 30 kasus dengan total sembuh 27 pasien, dan meninggal 2 orang, serta isolasi mandiri satu orang. Hingga Juli 2021, belum ada data resmi jumlah kasus Covid-19 di Kecamatan Reteh.

Wilayah Kecamatan Reteh berada di Zona Hijau dibenarkan oleh anggota Satgas Covid-19 Reteh, Suadi.

Pihaknya mengatakan untuk masyarakat Kecamatan Reteh dan sekitarnya tidak perlu khawatir dan tetap melakukan protokol kesehatan.

Menurutnya, meskipun terdapat beberapa kasus Covid-19 di Kecamatan Reteh namun tim Satgas Covid-19 cepat tanggap dalam menangani kasus tersebut.

Baca Juga :  Menko Airlangga: Pemerintah Evaluasi Kebijakan demi Menghidupkan Industri Perfilman Nasional

“Untuk masyarakat Kecamatan Reteh dan Kecamatan Batang, tidak usah khawatir, masih Zona Hijau,” kata sosok yang kerap disapa Adi ini saat dihubungi Tempo pada Selasa (27/7/2021).

Lurah Kelurahan Madani, Kecamatan Reteh, Inhil, Suhirwan. Suhirwan mengatakan sejak kasus Covid-19 mulai merebak di tanah air, wilayah kecamatan Reteh, terkhusus Kelurahan Madani belum ada kasus terkonfirmasi Covid-19. Suhirwan menuturkan dulu pernah ada suspek namun setelah dilakukan pemeriksaan ternyata hanya demam biasa.

“Itu kejadiannya sudah lama, kalau tidak Agustus atau September tahun lalu. Ada mahasiswa dari Pekanbaru, merasa badannya meriang, tidak bisa mencium bau katanya. Dibawa ke Tembilahan sama Satgas Covid-19 dan sempat di isolasi juga,” tuturnya saat ditemui di Kantor Lurah Madani di Jalan Penunjang, Selasa pagi, 27 Juli 2021.

Namun setelah beberapa hari menjalani isolasi di Rumah Sakit, suspek tersebut dinyatakan negatif.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua