JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

RSUP Dr Sardjito Bangun 65 Ruang Isolasi Tambahan untuk Hadapi Lonjakan Pasien Covid-19

Ilustrasi pasien Covid-19. Foto: pixabay.com
   

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebagai rumah sakit rujukan utama Covid-19, RSUP Dr Sardjito membutuhkan lebih banyak ranjang isolasi intensif untuk menghadapi lonjakan pasien saat ini.

Demikian dikatakan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

“RSUP Sardjito Yogyakarta ini rumah sakit rujukan penanganan Covid-19, butuh setidaknya 200 ruang isolasi intensif,” kata Basuki saat menyambangi RSUP Sardjito Yogyakarta, Selasa (27/7/2021).

Kementerian PUPR tengah menyiapkan pembangunan ruang isolasi Intensive Care Unit (ICU) di RSUP Sardjito yang memanfaatkan lahan parkir di lantai 3 di Gedung Parkir rumah sakit itu.

“Saat ini di RSUP Sardjito ini telah tersedia 150 ruangan sehingga dengan adanya penambahan 65 ruangan lagi, akan mampu memfasilitasi kebutuhan masyarakat di DIY,” kata Basuki.

Direktur Utama RSUP Sardjito Yogyakarta Eniarti mengatakan pembangunan ruang ICU ini dilengkapi berbagai peralatan yang dapat mendukung pelayanan kritis.

Baca Juga :  Sesosok Mayat Perempuan Telungkup di Sungai Kuning, Sleman  Bikin Geger Warga

“Seperti ventilator, bedsite monitor, serta peralatan medis lainnya yang dipenuhi oleh pemerintah,” kata Eniarti.

Sedangkan untuk kebutuhan sumber daya manusia (SDM), Eniarti menyebutkan telah menyiapkan tenaga yang sebagian berasal dari Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDM) Kementerian Kesehatan yang mempunyai kompetensi khusus perawatan kritis.

“Dari perencanaan 65 tambahan tempat tempat tidur ini, sebanyak 62 unit akan digunakan sebagai ruang isolasi intensif, sedangkan dua ranjang dipergunakan untuk ruang cuci darah pasien terkonfirmasi Covid-19,” kata Eniarti.

Sedangkan sisa satu ranjang lagi digunakan untuk penempatan Extracorporeal Membrane Oxygenator (ECMO) yang memfasilitasi sementara fungsi paru-paru dan jantung pasien Covid-19 selama masa pemulihan.

Selain itu, Eniarti mengatakan, saat ini RSUP Sardjito Yogyakarta telah menyiapkan pula tambahan dua unit isotank atau tempat tampungan oksigen sentral.

Baca Juga :  Lansia di Bantul Tewas Setelah Dikeroyok Tawon Gung

“Dua isotank ini mampu menampung 20 ton oksigen liquid yang pemenuhannya berkolaborasi bersama pemerintah dan BUMN,” kata dia.

Dengan penambahan isotank ini, ujar Eniarti, kebutuhan pemenuhan oksigen liquid bisa lebih terjamin karena adanya tampungan yang lebih banyak.

Hingga Selasa, persentase penggunaan tempat tidur pasien atau Bed Occupancy Ratio (BOR) di RSUP Sardjito Yogyakarta masih tinggi, yakni mencapai 91.89 persen.

“Penanganan Covid-19 sampai akhir bulan juli 2021 ini masih terus bertambah,” katanya.

Eniarti mengatakan pada awal wabah merebak, RSUP Sardjito mendedikasikan sejumlah 303 tempat tidur bagi pasien Covid-19. Namun kini ranjang itu telah ditambah sehingga total mencapai 492 unit.

Dari total 492 tempat tidur tersebut, khusus ruang intensif sudah disediakan 188 tempat tidur dan ruang isolasi rawat inap sejumlah 304 tempat tidur.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com