JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Menjelang Wafat Ki Manteb Mendalang Dihadiri Banyak Bintang Tamu. Ikrar Ingin Mendalang Sampai Mati Pun Terpenuhi

(Alm) Ki Manteb Sudarsono / Dok Joglosemarnews

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Jenazah almarhum Ki Manteb Sudharsono sudah dimakamkan Jumat siang, 3 Juli 2021 dengan protokol kesehatan. Beberapa anak wayang turut menyertai prosesi pemakaman dalang kondang ini. Anak wayang itu dibawa petugas pemakaman dari rumah Ki Manteb hingga lokasi pemakaman.

Hal itu sebagai bentuk kecintaan Ki Manteb Sudharsono kepada wayang kulit yang digelutinya sejak kecil. Kecintaan Manteb Sudharsono terhadap seni wayang kulit tak bisa dinilai dengan apapun. Bahkan, suatu ketika Ki Manteb pernah menyampaikan akan mendalang sampai mati.

Baca Juga :  Puncak Panen Durian Desa Gempolan, Kerjo, Karanganyar Jatuh Bulan Februari, Bisa Pilih Dan Makan Sepuasnya

Rupanya tekad itu benar-benar terpenuhi. Menurut beberapa sahabat dan kerabatnya, beberapa hari sebelum dipanggil Yang Maha Kuasa, Ki Manteb sempat mendalang.

Menurut Begog D Winarso, sahabat Ki Manteb Sudharsono, mendiang dalang kondang ini mendalang pada 27 Juni 2021 di pendopo miliknya.

Banyak bintang tamu yang hadir saat itu di antaranya Endah Laras, Dimas Tedjo, Yan Velia dan lainnya. “Jadi menjelang akhir hayatnya, beliau masih mendalang dengan penuh semangat seperti biasanya. Beliau tak bisa tidur nyenyak kalau lama tidak mendalang. Dan menjelang wafat, beliau tetap setia mendalang,” ungkap Begog yang pernah menemani almarhum mendalang di negara Eropa ini.

Baca Juga :  Bazar Durian Akbar 2023 dan Hiburan Warga Akan Digelar di Desa Gempolan, Catat Tanggalnya!!

Mendiang dalang kondang, Ki Manteb Sudarsono benar-benar memiliki darah seni yang mengalir dalam tubuhnya. Tekad Ki Manteb untuk mendalang sampai mati telah terpenuhi. Ki Manteb seolah telah memenuhi ikrarnya, meninggal dengan nama harus sebagai seorang dalang.

“Sampai mati saya mau jadi dalang, sak bosene wong sing nyawang,” ujar Ki Manteb semasa hidupnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com