JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Polresta Solo Kawal Distribusi Oksigen ke Rumah Sakit

Polresta Solo melakukan pengamanan jalur distribusi oksigen cair dari depo Jakarta ke sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Solo dan Yogyakarta. Istimewa


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Polresta Solo melakukan pengamanan jalur distribusi oksigen cair dari depo Jakarta ke sejumlah rumah sakit (RS) di Kota Solo dan Yogyakarta. Pengawalan dilakukan pada Sabtu (10/7/2021) dengan anggota bersenjata lengkap.

“Pengawalan dilalukan di sejumlah yakni RS Kasih Ibu Surakarta, RSUD dr Moewardi, RSUD Bung Karno hingga termasuk Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito Yogyakarta,” kata Kasat Sabhara Kompol Sutoyo saat dikonfirmasi, Minggu (11/7/2021).

Dikatakan, pendistribusian oksigen cair di Kota Solo dan tempat lainnya mencapai 11,7 ton. Pengawalan berlangsung lancar dan tanpa kendala.

“Ini sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat untuk distribusi liquid oksigen aman,” ungkapnya.

Harapannya dengan adanya pengawal ini masyarakat di area Kota Solo dan sekitarnya yang membutuhkan oksigen segera mendapatkan. Khususnya, bagi pasien Covid-19 yang berada di RS rujukan penanganan Covid-19.

Baca Juga :  Pemilik Danar Hadi, Santosa Doellah Meninggal Dunia Usai Berjuang Melawan Covid-19

“Harapan kami, oksigen cair bisa segera tiba di rumah sakit tepat waktu. Sehingga, pertolongan kepada masyarakat yang membutuhkan dapat dilakukan,” tegas dia.

Seperti diketahui, disejumlah rumah sakit mengalami kelangkaan pasokan oksigen. Hal ini, sangat membahayakan mengingat kondisi pasien Covid-19 sangan membutuhkan oksigen tersebut.

Sebelumnya, Polda Jawa Tengah (Jateng) menerjunkan tim dari Ditreskrimsus untuk mengawal distribusi tabung oksigen ke rumah sakit.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabid Humas Kombes Pol M Iqbal Al Qudusy menyebut kelangkaan gas oksigen menjadi perhatian khusus dari aparat.

“Satgas oksigen di bawah kendali Pemprov Jawa Tengah. Tim kami dari Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah masuk di dalam untuk melakukan pengawasan dari produksi sampai distribusi,” kata Iqbal.

Satgas oksigen tersebut, kata Iqbal, tidak hanya bertugas mencukupi kebutuhan oksigen di rumah sakit.

Baca Juga :  500 Anak Solo Disuntik Vaksin Covid-19, Bonusnya HP

Tetapi juga menjamin distribusi oksigen dari PT Samator selaku produsen sampai ke rumah sakit yang membutuhkan.

“Kami lakukan pengamatan kemudian pendistribusian pengawalan oksigen ke rumah sakit tujuan,” jelas Iqbal. Prabowo