JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Pantura

Senggol Mobil Boks, Bus Sudiro Tungga Jaya AD 1626 CU Terguling di Tol Pemalang, 8 Orang Tewas

Kecelakaan maut terjadi di Tol Pemalang-Batang, persisnya di jalur A KM 308 Desa Saradan Kecamatan Pemalang. Sebuah bus PO. Sudiro Tungga Jaya menabrak truk boks, Minggu (11/7/2021) siang. Tribunnews/istimewa


PEMALANG, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kecelakaan maut terjadi di Jalan tol KM 308 jalur A ikut Desa Saradan Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Minggu (11/7/2021), sekitar pukul 11.00 WIB.

Kecelakaan yang mengakibatkan delapan orang tewas terebut melibatkan bus Sudiro Tungga Jaya (STJ) bernomor polisi AD 1626 CU dengan Truk Isuzu boks bernomor polisi B 9281 SXR.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Tribun, kecelakaan bermula saat bus PO Sudiro Tungga Jaya yang dikemudikan Sigit Prasetyo melaju dengan kecepatan tinggi dari arah barat ke timur.

Sesampainya di lokasi kejadian, tepatnya di KM 308 jalur A di Desa Saradan, bus Sudiro Tungga Jaya berusaha menghindari truk boks yang oleng ke kanan.

“Karena jarak yang berdekatan, bus Sudiro Tungga Jaya membentur bagian bodi belakang sebelah kiri truk boks tersebut kemudian bus Sudiro Tungga Jaya oleng ke kiri membentur Godril yang berada di bahu jalan sebelah kiri, dan bus Sudiro Tungga Jaya terguling di badan jalan sebelah kiri,” kata Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho.

AKBP Ronny mengatakan seluruh korban baik yang selamat maupun meninggal dunia sudah dievakuasi ke RS terdekat.

Ada delapan penumpang meninggal dunia akibat kecelakaan nahas tersebut.

“Ada tiga rumah sakit di sekitar Pemalang. Rumah Sakit Siaga Medika, Rumah Sakit Prima Medika dan Rumah Sakit Santa Maria,” kata Petugas Operator Tol Pemalang-Batang, Muhammad Baihaqi saat dikonfirmasi Tribun.

Baihaqi mengatakan bila ada keluarga yang merasa salah satu kerabatnya menjadi korban kecelakaan nahas tersebut bisa langsung datang ke tiga rumah sakit itu.

“Bagi keluarga yang kerabatnya menjadi korban silakan datang ke tiga rumah sakit itu,” kata Baihaqi.

Saat ini bangkai bus di lokasi kejadian atau tepatnya di KM 380 sudah dievakuasi.

“Bangkai bus sudah dievakuasi,” kata Baihaqi.

Petugas dari Korlantas Polri sudah melakukan penyelidikan terkait kecelakaan yang melibatkan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Sudiro Tungga Jaya dengan truk boks di ruas tol Pemalang-Batang(sebelumnya disebut Tol Pejagan-Pemalang) KM 308 jalur A.

“Tadi tim dari PAA (Korlantas) sudah lakukan olah TKP mencari tahu penyebabnya. Sempat dipasang garis polisi tapi sekarang sudah dibuka,” ujar Baihaqi.

Kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan bermotor tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.

Dari video yang didapatkan Tribun sebuah bus berkelir putih dan merah terlihat melintang di ruas jalan tol Pemalang-Batang mengarah ke Semarang.

Pagar pembatas ruas jalan tol juga terlihat rusak dan ringsek. Banyak juga penumpang yang bergelimpangan di jalan tol.
Baihaqi mengatakan saat kejadian arus lalu lintas menuju ke arah Semarang sempat tersendat.

Namun, sekarang sudah kembali lancar.

Bangkai bus Sudiro Tungga Jaya pun sudah dievakuasi.

“Bangkai bus sudah dievakuasi,” kata Baihaqi.

www.tribunnews.com