JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Tak Tahan Bau Prengus Daging Kambing? Ini Tips Menghilangkannya

ilustrasi daging kambing / pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Seluruh masyarakat muslim sebentar lagi akan merayakan Hari Raya Idul Adha, tepatnya pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban tentu identik dengan daging sapi atau daging kambing. Berbagai kreasi olahan makanan dapat dibuat dengan daging kurban tersebut.

Namun beberapa orang biasanya kurang suka dengan daging kambing karena bau prengus yang menyengat. Dikutip dari Kanal Youtube Sajian Sedap berikut beberapa tips untuk mengatasi bau prengus pada daging kambing :

Jangan Cuci Daging Kambing

Mengapa? Karena mencuci daging kambing justru akan menyebabkan bau prengus semakin menyengat.  Air cucian akan mengeluarkan cairan juicy serta bau prengus yang ada di dalam daging dan membuatnya menjadi kering.

Baca Juga :  Persiapan Besok Slur, Resep Sate Kambing Sambel Kecap, Simpel dan Enak

Buang Bagian Lemaknya

Bau prengus pada daging kambing biasanya bersumber dari bagian lemak. Oleh karena itulah sangat dianjurkan untuk membuang bagian lemak sebelum mengolahnya.

Rebus dengan Rempah-rempah

Daging sapi perlu direbus dengan berbagai aneka rempah, seperti daun pandan, salam, daun jeruk, serai dan lengkuas.

Dimasak dengan Berbagai Jenis Rempah

Rempah-rempah merupakan jalan ampuh untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Kucuri daging sapi dengan perasan jeruk nipis sampai meresap untuk menghilangkan bau prengus-nya. Selain itu agar lebih ampuh daging sapi juga dapat dimarinasi terlebih dulu dengan aneka bumbu, seperti ketumbar, gula merah, lada, bawang putih dan aneka rempah yang lainnya. Langkah tersebut biasanya digunakan ketika hendak mengolah daging kambing menjadi sate. Widya Ayu Kusumastuti