JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Terkuak! Kasus Dugaan Pungli Rp 5 Juta di Makam Daksinoloyo, Ini Penjelasan Pemkot Solo

Ilustrasi pemakaman protokol covid-19. Foto/Wardoyo

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Solo mengklarifikasi terkait dugaan adanya pungutan liar (pungli) dalam proses pemakaman di TPU Daksinoloyo, Danyung yang berada di wilayah Kabupaten Sukoharjo.

“Hari ini kita sudah klarifikasi antara ahli waris, pelaku pemakaman, dan pengelola makam. Klarifikasi ini mengenai adanya dugaan pungli di TPU Daksinoloyo, Danyung,” ujar Kepala Disperum KPP Solo, Taufan Basuki, Sabtu (31/7/2021).

Taufan menjelaskan, jika pungutan uang tersebut bukan pungutan buat pemakaman tapi untuk biaya membangun kijing. Itu pun diluar sepengetahuan dari Disperum KPP, itu adalah kesepakatan antara ahli waris dengan pekerja.

Baca Juga :  Toko Kripto Masuk Solo, Wamendag Ingatkan Kripto Bukan Alat Pembayaran

“Itu bukan pungutan untuk pemakaman tapi membuat kijing. Itu diluar sepengetahuan kami dan itu yang perlu dipahami. Jadi kalau ada pungutan katanya Rp 6.000.000 hingga Rp 9.000.000 itu yang mana dan di pemakaman tidak ada,” ungkapnya.

Apalagi yang dimakamkan itu jenazah terkonfirmasi Covid-19 dan itu gratis tidak ada pembiayaan apapun.

Biaya untuk pemakaman jenazah Covid-19 ditanggung pemerintah dan Disperum KPP sudah menyiapkan tenaga-tenaga khusus untuk Covid-19 yang pemakamannya sesuai protokol kesehatan.

Baca Juga :  BI Solo Layani Penukaran Uang Kertas Baru 2022, Begini Prosedurnya

“Intinya kita sudah klarifikasi masalah ini dan tidak ada masalah, Ditegaskan juga tidak ada pungli di TPU Daksinoloyo,” kata dia.

Taufan meminta kepada masyarakat atau ahli waris ingin memakamkan lapornya ke Disperum KPP. Bukan ke warga atau penggali-penggali makam di luar Disperum KPP, apalagi malam hari kontrolnya tidak bisa.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com