JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ternyata Sejumlah Pedagang di Wonogiri Belum Tahu Bahwa PPKM Diperpanjang, Akhirnya Satpol PP Ambil Langkah Tegas

Tim gabungan memberikan sosialisasi perpanjangan PPKM kepada pedagang makanan di Wonogiri. Dok. Satpol PP Wonogiri


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat telah diperpanjang dan diganti istilahnya menjadi PPKM Level 4. Namun demikian ternyata belum semua masyarakat mengetahuinya.

Khususnya di Wonogiri, sejumlah pedagang mengaku belum mengetahui adanya kebijakan perpanjangan PPKM tersebut. Hal itu diketahui saat tim gabungan melakukan operasi dukungan PPKM.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Wonogiri Waluyo mengatakan pihaknya terus melakukan operasi gabungan bersama sejumlah instansi terkait dengan adanya PPKM. Terlebih saat ini ada perpanjangan PPKM level 4 di Wonogiri.

“Tetap rutin keliling. Kita ikuti aturan yang ada,” jelas Waluyo kepada wartawan, Kamis (22/7/2021).

Waluyo menuturkan, salah satunya operasi gabungan di wilayah Kecamatan Wonogiri Kota dan Selogiri Rabu (21/7) malam. Tim gabungan melakukan operasi protokol kesehatan sekaligus memberikan edukasi terkait perpanjangan PPKM sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 di Wilayah Jawa Bali dan Instruksi Bupati Wonogiri Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 di Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga :  Sambat Wis Ra Kuat, Ini Keluhan Pedagang Wonogiri Imbas Penerapan PPKM

Saat operasi gabungan dilakukan, ditemukan sejumlah fakta unik. Ada sejumlah pedagang yang belum mengetahui PPKM diperpanjang.

“Ada dua pedagang yang ternyata belum mengetahui perpanjangan PPKM. Petugas di lapangan langsung memberikan pemahaman kalau PPKM diperpanjang,” terang Waluyo.

Menurut mantan Kabag Humas Setda Wonogiri itu, setelah diberikan pemahaman pedagang bisa menerima kebijakan pemerintah. Meskipun pihaknya tak menampik bahwa adanya perpanjangan PPKM juga bisa berdampak kepada pedagang.

Lebih jauh, saat operasi itu dilakukan sedikitnya ada 18 hik, pedagang kaki lima (PKL) dan rumah makan yang menjadi sasaran operasi. Belasan pedagang pun diberi sosialisasi terkait pemberlakuan PPKM level 4 di Wonogiri.

“Kebanyakan memang sudah mengetahui kalau PPKM diperpanjang. Kita jelaskan juga aturan-aturannya,” kata Waluyo.

Aturan selama perpanjangan PPKM ini dijelaskannya, secara umum sama seperti pada masa PPKM darurat 3 sampai 20 Juli. Misalnya, pengunjung tidak boleh dine in atau makan di tempat.

Sejauh ini, kata dia, tidak ada kejadian menonjol saat operasi dilakukan. Wonogiri cenderung kondusif saat adanya pembatasan yang dilakukan.

Baca Juga :  Harga Tabung Oksigen Komplit Fullset Tembus 5,5 Juta, Tetap Dibeli Namun Nyawa Pasien Tidak Dapat Diselamatkan

“Semalam sewaktu operasi kita tidak sampai mengangkut perlengkapan pedagang. Kita fokus berikan sosialisasi supaya pedagang ini paham,” ujar dia.

Waluyo menambahkan, sesuai dengan petunjuk Bupati Wonogiri tim di lapangan memang harus bersikap tegas. Meski begitu harus menjauhi tindakan kasar. Pendekatan dari hati dipilih supaya pedagang bisa memahami aturan yang ada. Aris