JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Vaksin Baru Akan Tiba, Jokowi Minta Stok Vaksin Covid-19 di Daerah Dihabiskan

Presiden Joko Widodo / instagram

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah mendorong penuh dilakukannya percepatan vaksinasi  untuk membendung laju penularan Covid-19.

Terkait dengan hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan setiap kepala daerah untuk menghabiskan stok vaksin covid-19.

Diketahui, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini di seluruh daerah di Indonesia terdapat sisa stok vaksin sebanyak 19 juta dosis.

Hal itu disampaikan pada konferensi pers selepas melakukan rapat terbatas dengan Presiden, Jumat (16/7/2021), seperti dinukil dari republika.co.id.

“Arahan bapak Presiden untuk vaksinasi ini agar dipercepat dan beliau memahami bahwa stok itu ditahan di daerah-daerah sebagai cadangan suntik kedua sebesar 19 juta dan beliau meminta agar segera dihabiskan saja karena nanti akan ada dosis vaksin baru yang datang,” ungkap Budi Gunadi.

Baca Juga :  Pasca Perpanjangan PPKM Darurat, Pemerintah Larang Kedatangan TKA Proyek Strategis Nasional

Perintah itu didukung dengan kedatangan bahan baku vaksin yang covid-19 yang mencukupi. Menkes menambahkan bahwa pada akhir Agustus nanti pemerintah akan kembali menerima kedatangan lebih dari 30 juta vaksin.

“Pastikan vaksinasi dipercepat dan pastikan juga bahwa stok yang ada digunakan sehingga stok nanti hanya akan disimpan di kantor pusat di Bio Farma,” ujarnya.

Untuk mempercepat program vaksinasi ini, Menkes menyampaikan bahwa pelaksanaan suntik kedua dapat dilakukan selisih satu atau dua hari dari tanggal yang dijadwalkan. Harum Ika Praningrum