JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Anak Kuliahan Perlu Tahu! Ini Syarat Mahasiswa Bisa Dapatkan Bantuan UKT

tangkapan layar Youtube Kemendikbud RI


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Para mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19 kini tak perlu lagi risau soal kesulitan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Pasalnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Rister) akan mulai menyalurkan bantuan UKT kepada mahasiswa terdampak pandemi Covid-19. Rencananya, bantuan itu akan disalurkan pada September 2021.

Kabar baik itu disampaikan langsung oleh Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim dalam konferensi pers Rabu (4/8/2021).

Baca Juga :  Menko PMK: Pembelajaran Tatap Muka Tak Boleh Ditunda-tunda, Jangan Sampai Terjadi Learning Loss

Nadiem menyampaikan, bantuan UKS diberikan at cost atau sesuai dengan besaran UKT, senilai maksimal Rp 2,4 juta per mahasiswa.

Advertisement

“Jenis bantuan kedua yang kami lanjutkan mendengar banyak sekali keluhan mahasiswa karena dampak ekonomi dari covid-19 ini, kami merespons dengan melanjutkan bantuan UKT,” tuturnya dilansir dari Liputan6.com.

Jika UKT lebih besar dari Rp 2,4 juta, maka selisih UKT dengan Rp 2,4 akan menjadi kebijakan perguruan tinggi yang disesuaikan dengan kondisi mahasiswa.

Baca Juga :  Universitas Muria Kudus dan UMS Surakarta Jalin Kerja Sama

Adapun persyaratan bagi mahasiswa sasaran bantuan UKT itu  adalah mahasiswa aktif kuliah, bukan penerima KIP Kuliah atau Bidikmisi, dan mahasiswa yang kondisi keuangannya memerlukan bantuan UKT pada semester ganjil tahun 2021.

Halaman:   1 2 Semua