JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Bikin Bangga Sragen, Dalang Kelahiran Sumberlawang Jadi Tokoh Hebat di Selandia Baru. Pentasnya sampai Amerika, Jadi Dosen Tamu di Banyak Negara

Ki Joko Susilo (kiri( dalang internasional kelahiran Sumberlawang Sragen saat berpose bersama Andi Kusnanto. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara yang tersohor dengan warisan seni dan budaya.

Lewat karya dan seni budaya, banyak tokoh seniman yang berkiprah mentereng dan membawa nama harum bangsa ini di luar negeri.

Seperti seniman dalang asal Sragen, Ki Joko Susilo. Siapa sangka, lahir dari sebuah desa yakni di Desa Mojopuro, Kecamatan Sumberlawang, dalang wayang kulit itu kini menjelma menjadi seniman internasional dengan seabreg prestasi mengesankan.

Ya, dalang berdarah Sumberlawang itu belakangan menjadi sorotan berkat prestasi hebatnya membawa seni wayang kulit di negara asing, salah satunya di Selandia Baru atau New Zealand.

Data yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM dari koleganya, Ki Joko Susilo lahir di Desa Mojopuro, Sumberlawang, Sragen tahun 1963 atau 58 tahun silam.

Baca Juga :  Reses di Sragen Utara, Mualim Siap Fasilitasi Pengurusan Sertifikat Wakaf Tempat Ibadah

Ia mewarisi darah seniman wayang dari mendiang dalang kenamaan Ki Toto Carito (Dalang Ruwat Sepuh) asal Mojopuro.

Darah seni mendalang membuat Ki Joko kemudian malang melintang unjuk kebolehan ke berbagai negara. Kemudian ia menyambangi Selandia Baru pada tahun 1993 atau ketika berusia 30 tahun.

“Kebetulan kami memang kenal baik sewaktu beliau masih di Sumberlawang. Setelah sukses sebagai dalang ia memang banyak mentas di luar negeri,” ujar Andi Kusnanto, kolega Ki Joko kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (12/8/2021).

Andi yang juga Kepala SMK Pelita Bangsa Sumberlawang itu menuturkan dari story yang ia ketahui, Ki Joko kerap melakukan pementasan di Selandia Baru, Eropa, dan juga Amerika Serikat.

Baca Juga :  Sosok H Marno, Produsen Benih Padi Sukses Asal Sidoharjo Sragen (Bag 1). Dulu Keliling Pakai Motor Kini Merajai Lintas Provinsi

Salah satu pementasan internasional yang sangat terkenal adalah pementasan wayang kulit dan gamelan di Kennedy Center, Washington D.C, pada tahun 2004 silam.

Ki Joko Susilo memiliki gelar doktor pada disiplin ilmu Etnomusikologi dari University of Otago, Selandia Baru.

Tak sedikit ia berkesempatan menjadi dosen tamu di universitas di berbagai negara. Mulai dari Indonesia, Inggris, Selandia Baru, hingga AS.

Ki Joko Susilo adalah Putra Asli Desa Mojopuro Sumberlawang Sragen Jateng
Putra Almarhum Ki Dalang Sepuh Ki Toto Carito atau Dalang Ruwat Sepuh,” terangnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com