JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Mengenal Sosok Ki Joko Susilo, Dalang Internasional Kelahiran Sumberlawang Sragen (Bag 2). Dikenal Aktif Organisasi dan Senang Tirakat, Ternyata Juga Sempat Tekuni Perguruan PSHT

Sosok Ki Joko Susilo semasa muda dan lulus kuliah. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sosok Ki Joko Susilo (58) seniman dalang internasional kelahiran Desa Mojopuro, Sumberlawang, Sragen memang terbilang cukup fenomenal.

Lahir dari sebuah desa kecil di pinggiran Sragen, rupanya membuat mentalnya terasah sejak kecil. Dibesarkan dari keluarga seniman dalang, membuat darah seni mengalir kental pada sosok Ki Joko.

Namun kesuksesan sebagai seniman internasional yang kini menetap di New Zealand atau Selandia Baru itu tidak diraih dengan mudah. Perjuangan berat harus dilalui olehnya.

Baca Juga :  Bom Bunuh Diri Guncang Bandung Dekat Polsek Astana Anyar. Beredar Foto Terduga Pelaku Tewas

Meski demikian, jiwa kesuksesan Joko rupanya sudah terasah sejak kecil. Menurut keterangan warga sekitar kediamannya di Mojopuro, Ki Joko sudah dikenal aktif berorganisasi dan berkegiatan sejak usia remaja.

“Saat remaja, beliau sudah senang kegiatan organisasi yang ada. Apapun kegiatan positif, beliau ikuti,” papar Kadus 2 Mojopuro, Agung Prasetyo kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (15/8/2021).

Selain kegiatan di desa, yang bersangkutan juga dikenal aktif berorganisasi di lingkungan sekolahnya.

Agung menuturkan masa remaja dan muda Ki Joko memang dikenal aktif di kegiatan desa serta kemasyarakatan. Termasuk juga pernah menekuni perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) hingga lulus.

Baca Juga :  Usai 3 Kiosnya Disegel, Pengusaha Batik Agus Baru Datang Mohon- Mohon ke Dinas. Ini yang Disampaikan

“Beliau aktif juga di kegiatan Setia Hati Teratai dan bahkan telah ia kuasai sampai lulus. Beliau juga senang tirakat (puasa) setiap hari kelahiran atau wetonnya,” terang Agung.

Ki dalang Joko Susilo, seniman internasional kelahiran Sumberlawang, Sragen. Foto/Wardoyo

Berdasarkan keterangan keluarga dan tokoh sekitar, Ki Joko Susilo lahir di Desa Mojopuro, Sumberlawang, Sragen tahun 1963 atau 58 tahun silam.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com