JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Bukan Kaleng kaleng, 25.000 Orang Langsung Bisa Divaksin Hanya dalam Sehari di Wonogiri

Santri
Santri Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri menjalani skrining sebelum divaksin COVID-19. Foto : istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Sering tersiar berita sejumlah daerah mampu menyuntikkan vaksin COVID-19 sebanyak ribuan sasaran dalam sehari. Ada yang serinut, dua ribu, atau lima ribu.

Namun apakah ada daerah yang mampu menyuntik vaksin hingga jumlah puluhan ribu hanya dalam waktu sehari?. Jawabannya ada, yakni Kabupaten Wonogiri di ujung tenggara Provinsi Jateng.

Bukan main-main, diklaim sebanyak 25.000 orang bisa divaksin dalam sehari di Wonogiri. Jumlah ini disebut-sebut bukan angka asal di atas kertas. Melainkan berdasarkan hitungan cermat secara riil dengan pertimbangan semua potensi yang dimiliki.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengungkapkan fakta itu kepada wartawan di sela memantau percepatan vaksinasi dengan jenis Moderna di Pendopo Rumdin Bupati Wonogiri, Jumat (27/8/2021). Bupati menyebutkan pihaknya memiliki potensi besar untuk vaksinasi.

“Kami punya 399 vaksinator ditambah relawan yang siap terjun hingga ke desa/kelurahan, kami memiliki infrastruktur termasuk fasilitas kesehatan yang memadai. Selain itu target atau sasaran vaksinasi kami jelas, terprogram terarah dengan matang. Intinya dari semua lini sangat siap, begitu ada jatah vaksin datang kami langsung tancap gas,” jelas Bupati.

Baca Juga :  5 Caleg PDIP Wonogiri Mengundurkan Diri Kendati Kantongi Suara Tinggi

Jika semua potensi dikerahkan, kemudian datang jatah vaksin dalam jumlah besar, berapa orang yang bisa divaksin dalam sehari. Pria yang akrab disapa Jekek ini mantab menyebut angka 25.000.

“Ini perhitungan riil dengan pertimbangan potensi yang kami miliki. Selama ini dalam satu wilayah kecamatan yang diadakan vaksinasi bisa menyuntik sekitar 1.200 sampai 1.800 sasaran,” sebut Jekek.

Jika diambil jumlah minimal 1.000 saja, maka tinggal mengalikan dengan total kecamatan di Kota Gaplek yakni 25 kecamatan. Maka ketemulah angka 25.000 sasaran dalam sehari.

Baca Juga :  Serikat Pekerja Bangunan dan PU Wonogiri Dukung Irjen Ahmad Luthfi Maju Jadi Cagub Jateng

“Ini bisa kami lakukan jika ketersediaan vaksin atau stok vaksinnya ada. Kami bicara data dan fakta yang sudah kami terapkan,” ungkap dia.

Untuk diketahui, selama lima hari, mulai Selasa-Sabtu (24-28/8/2021), Pemkab Wonogiri melakukan percepatan vaksinasi di tiga wilayah aglomerasi yang menyasar ke 14 kecamatan di Wonogiri. Di setiap kecamatan, dalam satu hari bisa menyelesaikan vaksinasi ke 1.000 lebih sasaran. Mulai dari 1.200 orang hingga 1.800 orang.

“Di Pendopo ini sasarannya 1.240 orang. Kemarin 1.300-an orang juga bisa selesai. Nanti paling banyak itu di Slogohimo, ada 2.500 sasaran,” tutur Jekek.

Lebih jauh Jekek menjelaskan, saat ini masih ada 11.000 dosis vaksin jenis Moderna yang belum digunakan. Pihaknya tengah berhitung sasaran yang akan divaksin dan kemana saja vaksin itu didistribusikan. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com