JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Eva Yuliana: Mangkunegoro IX Menjaga Budaya Jawa

Anggota Komisi III DPR RI yang notabene adalah warga Solo, Eva Yuliana . Foto: Triawati
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Meninggalnya Adipati Mangkunegaran KGPAA Mangkunagoro IX memberikan rasa duka bagi sebagian besar masyarakat Solo. Termasuk Anggota Komisi III DPR RI yang notabene adalah warga Solo, Eva Yuliana.

Eva datang melayat Penguasa Mangkunegaran tersebut, Sabtu (14/8/2021) siang. Eva langsung menemui GKP Mangkunagoro IX dan keluarga.

Eva mengakui, meski tidak mengenal dekat secara pribadi dengan Mangkunegara IX, namun sebagai wong Solo ia mengagumi semua kiprahnya menjaga tradisi dan budaya Jawa.

“Banyak yang sudah dilakukan Mangkunagara IX untuk menjaga budaya Jawa, menciptakan tarian, serta menjadikan Pura Mangkunegara sebagai pusat budaya Jawa. Harapan kami untuk penerusnya siapapun agar melanjutkan perjuangan beliau menjaga budaya dan tradisi,” paparnya.

Baca Juga :  Dari Jakarta Langsung Temua Gus Miftah di Ponpes Ora Aji, Gibran Mengaku Hanya Silaturahmi Saja

Selain itu, lanjut Eva, kedekatan emosionalnya sebagai wong Solo juga diperkuat dengan tradisi ziarah ke makam Mangkunegara sebelumnya, di Astana Mengadeg dan Astana Girilayu.

“Semalam saya juga sudah ke Astana Girilayu. Semua persiapan pemakaman sudah siap, semoga besuk lancar dan berjalan sesuai rencana,” tukasnya.

Sebelumnya, di hari yang sama, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka juga menyempatkan diri datang melayat ke Pura Mangkunegaran.

Baca Juga :  Tak Jadi Pakai Pasir, Pihak Terkait Sepakat Penutup Lahan Alkid dan Alut Keraton Solo Akan Pakai Rumput

“Tadi sudah melayat sebentar ke Mangkunegaran dan bertemu Gusti Putri. Semoga acara pemakaman besok lancar dengan protokol kesehatan ketat. Dan semoga alhmarhum khusnul khotimah,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan Mangkunagoro IX wafat Jumat, 13 Agustus 2021, sekitar pukul 02.50 WIB, di kediaman pribadinya di Jakarta. Rencananya, jenazah Mangkunagoro IX akan dimakamkan Minggu, 15 Agustus 2021, di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah. Pemakaman Adipati Mangkunegaran tersebut akan dilakukan dengan adat Mataram. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com