JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Liang Lahat Almarhum KGPAA Mangkunegoro IX Tidak Satu Cungkup Dengan  Makam Ayah, Ibu Serta Kakaknya

Liang lahat untuk Almarhum KGPAA Mangkunagoro IX tidak satu cungkup dengan keluarga / Foto: Beni Indra
   
Liang lahat untuk Almarhum KGPAA Mangkunagoro IX tidak satu cungkup dengan keluarga / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Liang lahat makam Almarhum KGPAA Mangkunegoro IX berada satu area dengan makam almarhum ayahanda KGPAA Mangkunegoro VIII beserta ibu dan kakanya.

Mesti tidak berada dalam satu cungkup (atap komplek makam) namun berjarak sekitar tiga meter saja namun tetap dalam satu area trap pertama.

Belum diketahui, mengapa makam almarhum KGPAA Mangkunegoro IX  tidak berada dalam satu cungkup dengan ayah ibu serta kakaknya. Serta belum tahu apakah setelah KGPAA Mangkunegoro IX dimakamkan akan disatukan dalam satu cungkup.

Saat dikonfirmasi JOGLOSEMARNEWS.COM sebanyak 13 karyawan yang bertugas di Astanan Girilayu, Matesih Karanganyar mengaku tidak tahu tentang mengapa liang lahat almarhum tidak berada dalam satu cungkup dengan keluarganya.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Kami hanya bertugas melaksanakan perintah dari Keraton Mangkunegaran untuk menggali makan di sebelah timur makam bapak, ibu serta kakak Almarhum Mangkunegoro IX” tandas Tugiman (52) karyawan Astana Girilayu, Matesih, Minggu (15/8/2021).

Sementara salah satu karyawan Astana Girilayu lainnya, Waras (51) mengatakan sebenarnya letak makam Almarhum KGPAA Mangkunegoro IX  masih dalam satu area dengan keluarga almarhum Mangkunegoro VIII, hanya saja letaknya diluar cungkup.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Soal letak liang lihat sudah ditentukan oleh pihak Keraton Mangkunegaran , karyawan sendiko dawuh (taat) melaksanakan perintah,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (15/8/2021).

Sementara pantauan JOGLOSEMATNEWS.COM diketahui liang lahat untuk almarhum KGPAA Mangkunegoro IX sudah selesai digali Jumat (13/8/2021). Kedalaman liang lahat sekitar 2,5 meter.

Adapun model pemakaman menggunakan tambang yang ditarik dari atas mengingat menggunakan peti jenazah. Bahkan tambang serta bambu sudah dipersiapkan di mulut makam.

Sedangkan guna mengantisipasi hujan di atas liang lahat dipasang kajang sepanjang 6 meter menggunakan kain merah putih. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com