JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Harga Jatuh, Petani Tembakau di Boyolali Merugi

Seorang petani tembakau di Boyolali sedang menjemur hasil panenan / Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM Harapan petani tembakau rajangan di kawasan Boyolali untuk meraup rupiah, ternyata meleset. Pasalnya, harga tembakau jatuh karena pertumbuhan tembakau tidak maksimal.

“Sayangnya, harga panen jatuh karena dampak anomali musim. Kami rugi,” ujar Sumarno (56), petani tembakau asal Dukuh Tegalwire, Kelurahan/Kecamatan Mojosongo, Minggu (1/8/2021).

Diakui, tanaman tembakau seluas 1.000 meter persegi miliknya sebenanya sudah laku atau ditebas pembeli. Namun, dia masih bertanggungjawab memelihara tanaman, utamanya membuang pucuk tanaman.

Tujuannya agar sari makanan tidak digunakan untuk pembentukan daun baru. Tanaman tembakau tersebut hanya laku Rp 1 juta sehingga tak bisa menutup biaya tanam.

Baca Juga :  Dua Desa di Lereng Merbabu, Boyolali Diterjang Angin Puting Beliung

”Bagaimana lagi, kalau saya panen sendiri malah repot. Masih merajang dan menjemur serta menjual. Jadi terpaksa saya berikan.”

Senada, Dalyono (60) penebas tembakau asal Dukuh Tegal, Kelurahan/Kecamatan Mojosongo mengaku harga tebasan tembakau di ladang kali ini tidak sebaik panen tahun lalu. Pasalnya, tembakau banyak yang mati akibat perubahan musim.

“Saat awal tanam kurang air, namun saat pertumbuhan daun justru diguyur hujan deras.”

Sebagai perbandingan, tahun lalu harga tebasan tembakau bisa mencapai Rp 10 juta- Rp 15 juta untuk luasan lahan 3.000 meter persegi. Namun panen kali ini maksimal hanya Rp 7,5 juta untuk luasan yang sama.

Baca Juga :  10 Menit Satlantas Polres Boyolali Berhasil Evakuasi Korban Laka Tunggal di Tol KM 489 A

“Untuk mengehmat biaya, tembakau saya rajang dan dijemur sendiri bersama keluarga. Beruntung matahari bersinar terik sehingga proses pengeringan tembakau tidak mengalami kesulitan. Maksimal dalam dua hari, tembakau rajangan sudah kering.

“Kalau untuk penjualan tidak masalah. Sudah ada bakul yang datang. Tembakau bagian bawah ditawar Rp 40 ribu/kg dalam kondisi kering. Kalau daun bagian atas harganya Rp 70.000 per kilogram,” ujarnya.  Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com