JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Seni Budaya

Ini Dia Tradisi-Tradisi Sambut Tahun Baru Islam Di Indonesia!

Malam Syuro
Tradisi malam tahun baru Islam di kota Solo dengan arak-arakan kerbau bule / instagram explore_kotasolo

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Malam Tahun Baru Islam 1443 H jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021. Umat Islam di seluruh dunia biasanya merayakan tahun baru Hijriah ini dengan sejumlah tradisi. Hal tersebut juga berlaku di Indonesia.

Perayaan tahun baru Islam tahun ini akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena kondisi pandemi covid-19, Kementerian Agama (Kemenag) menggeser hari libur Tahun Baru Islam yang mula 10 Agustus 2021 menjadi 11 Agustus 2021.

Tak hanya itu, dilansir dari liputan6, sejumlah perayaan tahun baru Islam yang biasanya rutin dilakukan setiap tahun di berbagai daerah juga terancam tidak bisa dilakukan.

Meski begitu, untuk mengobati kerinduan pada perayaan tahun baru Islam, Joglosemarnews  telah merangkum beberapa tradisi perayaan tahun baru Islam dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Kerbau Bule

Kota Surakarta memiliki tradisi tersendiri dalam merayakan tahun baru Islam. Perayaan tahun baru Islam di kota ini dilakukan dengan arak-arakan kerbau (kirab kerbau) mengelilingi kota yang diikuti oleh keluarga keraton.

Dalam tradisi Kirab ini, benda pusaka peninggalan Dinasti Mataram seperti tombak, keris, dan sebagainya diarak sembari di kawal oleh Kebo Bule. Kebo bule ini adalah hewan kesayangan susuhunan atau sunan. Kebo bula ini dianggap sebagai lambang rakyat kecil, khususnya petani.

 

Satu Suro

Dalam tradisi Jawa malam 1 Muharram juga disebut sebagai malam satu Suro. Perayaan malam satu suro ini biasanya dilakukan masyarakat dengan membawa gunungan berisi hasil bumi. Gunungan tersebut akan dibacakan doa. Kemudian setelah dibacakan doa, warga akan memperebutkan gunungan tersebut beramai-ramai.

Selain berebut gunungan, masyarakat Jawa biasanya juga akan merayakan malam satu suro dengan menyalakan kembang api dan terompet.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com