JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Kampus UMS Kembali Terlibat Jadi Tim Penguji Calon Perangkat Desa di Sragen

Istimewa
   

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (LPMPP-UMS) kembali dipercaya menjadi mitra penyelenggara kegiatan Uji Kompetensi Calon Perangkat Desa di empat desa di Kecamatan Karangmalang, Sragen pada Jumat (30/7/2021).

Sebagaimana dikutip dari rilis ke Joglosemarnews, dalam kegiatan tersebut, LPMPP UMS mengadakan dua kali pertemuan dengan empat kepala desa di Kecamatan Karangmalang.

Dalam uji kompetensi tersebut, Plt Camat Karangmalang sekaligus berperan sebagai ketua Panitia Seleksi (Pansel) calon perangkat desa dengan proses mutasi jabatan di desa masing-masing.

Empat kepala desa tersebut adalah Priyadi, S.Pd (Kepala Desa Kedungwaduk), Yusron Basuki (Kepala Desa Plosokerep), Suharno, S.Pd (Kepala Desa Mojorejo) dan Suyanto, S.H. M.H. (Kepala Desa Puro). Pertemuan diadakan di lantai 3 Aula Kecamatan Karangmalang.

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Dalam sambutannya, Plt. Camat Karangmalang Nugroho Dwi berharap, dari pertemuan itu dapat terjalin kerja sama antara kedua belah pihak, yakni pihak kampus UMS dengan Kecamatan Karangmalang.

Kesepakatan ditandai dengan penandatanganan Surat Kesepakatan Kerja (SKP) atau MoU terkait pelaksanaan Uji Kompetensi Perangkat Desa yang mengacu pada surat keputusan Bupati Sragen No. 17/2021.

Dalam pertemuan itu, Kepala LPMPP UMS, Prof. Sarjito, M.T.Ph.D mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat kepada LPMPP UMS.

Lebih lanjut, Sarjito mengatakan, UMS ingin mengambil peran Catur Dharma Perguruan Tinggi dalam kiprahnya sebagai tim penguji sesuai dengan kompetensi ilmiah yagn dimilikinya.

Baca Juga :  Sukseskan Program 1 Juta Rumah Pemprov Jateng, Blesscon Bangun Rumah Warga di Sukoharjo

Kompetensi yang dimaksud menyangkut tentang pemerintahan desa, kemampuan komputer dan kecakapan berpidato.

“UMS berharap mengambil peran Catur Dharma Perguruan Tinggi sebagai tim penguji,” kata Sarjito.

Dijelaskan, dalam seleksi calon perangkat desa tersebut, terdapat dua komponen yang meliputi kompetensi, prestasi, dedikasi, loyalitas dan rekam jejak.

Dijelaskan, uji kompetensi itu akan dilakukan pada Selasa (3/8/2021) di UMS. Tes akan dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Peserta yang hadir diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi atau hasil tes PCR antigen. Harum Ika Praningrum

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com