JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Magelang

Merapi Luncurkan Awan Panas, 6 Wilayah di Magelang dan Boyolali Diguyur  Hujan Abu Tipis

Erupsi Gunung Merapi Kamis (2/4/2020) sore.Twitter @BPPTKG.

YOGYAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM — Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyebutkan telah terjadi awan panas guguran yang meluncur dari Gunung Merapi, Minggu (8/8/2021).

Akibat dari luncuran awan panas yang cukup instens tersebut enam wilayah di sekitar Merapi mengalami hujan abu tipis.

“Ada enam wilayah di sekitar Merapi yang terpapar hujan abu pagi ini, rata-rata hujan abu tipis,” ujar Kepala Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida Minggu.

Baca Juga :  Cuaca Hari Ini Jumat, 21 Oktober 2021: Sebagian Wilayah di Jawa Tengah Diperkirakan Cerah dan Berawan. Solo Raya Berawan dan Hujan Ringan

Hujan abu itu dilaporkan terjadi di kawasan wilayah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang Jawa Tengah, seperti Tlogolele, Klakah, Kapuhan, Paten, Ngowok, dan Babadan.

Advertisement

Jangkauan awan panas guguran Merapi pada hari Minggu ini cukup intens terjadi sejak dini hari. Awan panas guguran pertama terjadi pukul 02.32 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo milimeter dan durasi 104 detik. Jarak luncur 1.100 meter ke arah barat daya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua