JOGLOSEMARNEWS.COM Panggung Artis

“Merespon Ruang Senja”, Saksi Bisu Cinta Kasih Sang Ayah dari Fairuz Realindra

   

 

JOGJA, JOGLOSEMARNEWS.COM –Tak hanya syahdu didengar, lagu “Merespon Ruang Senja” membawa banyak arti. Lirik lagu menjadi salah satu faktor penentu dalam kesuksesan dalam sebuah lagu. Sudah jarang ditemui sebuah karya lagu yang liriknya diambil dari sebuah puisi.

Berangkat dari sebuah puisi, seorang musisi asal Jogja yaitu Fairuz Realindra atau yang kerap disapa Real, baru saja meluncurkan sebuah single lagu bertajuk ‘Merespon Ruang Senja’ pada 30 Juni 2021.

“Merespon Ruang Senja”merupakan lagu akustik pop yang mana lirik lagunya sendiri diambil dari sebuah puisi karya Agung Wibowo dengan judul dan isi tulisan yang sama tanpa ada

perubahan.

Lagu ini dikemas dengan mengkombinasikan alunan nada dari instrumen piano, gitar, dan cello. Lagu ini dinyanyikan oleh Fairuz Realindra dan digubah menjadi sebuah lagu oleh seorang seniman asal Jogja, yaitu Setyawancello.

Dilansir podcast Troya Tribes pada Kamis (15/07/2021), Real menyebut bahwa karya ini bukan hanya semata sebuah hiburan, namun juga sarat akan makna tersirat di dalam tiap liriknya yang menjadikan karya ini unik dan menarik.

Menurut Mj. Amalina selaku rekan yang membantu proses pembuatan lagu ‘Merespon Ruang Senja’, dalam lagu ini ingin mengajak para pendengarnya untuk berdialog.

Termasuk memberi ruang para pendengar untuk menginterpertasi atau memaknai lirik dari lagu ini sesuai dengan perasaan dan pemikiran mereka. Inilah yang membuat lagu

ini semakin berkarakter.

Hal itu terungkap dari challenge #RuangSenjaku yang telah dilakukan sebelumnya. Challenge atau tantangan yang membebaskan para pendengar ‘Merespon Ruang Senja’ membagikan momen mendalam mereka saat mendengarkan lagu ini.

Sehingga, lagu ini memiliki pemaknaan yang bebas dan memberi kesempatan para pendengar untuk bercerita ulang tentang cerita mereka sendiri.

Selain bisa memberikan kesan mendalam bagi pendengar, ternyata lagu ini jugamembawa makna yang mendalam bagi Fairuz Realindra.

Selama proses mempersiapkannya harus melewati banyak kejadian yang membekas bersama keluarga, termasuk ia harus kehilangan sosok ayah tepat sehari setelah lagu ini rilis.

Bagi Realindra lagu ini merupakan sebuah karya paling berarti. Dimana ada sebuah momen yang tak akan pernah terlupakan baginya. Terutama makna ‘Merespon Ruang Senja’ yang sangat berarti baginya.

Mulai dari kata ‘senja’ baginya merupakan sebuah

akhir dan awal dari sebuah cerita. Sedangkan ‘merespon ruang’ dimaknai bagaimana cara menanggapi akhir dan awal sebuah cerita.

Seperti yang dialami Real dalam menerima kepergian Ayahnya.

Terlebih hingga detik-detik terakhir Ayahnya menutup usia, lagu ini menemani dia di rumah sakit sendirian hingga menanti ajal. Masih sempat teringat bagi Real, semalam sebelum menutup usia sang Ayah masih bersemangat menanti video klip lagu ini yang

akan di rilis pada official Youtube Fairuz Realindra.

Selain diangkat dari sebuah puisi yang sarat akan makna, ternyata lagu ini juga menjadi saksi bisu sebuah cinta kasih seorang ayah dan anak. Tak heran jika dikatakan lagu ini bukan hanya sebuah hiburan, namun lagu ini sebuah karya yang menawarkan kisah

tersendiri bagi tiap penikmatnya.(ASA)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com