JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tekan Angka Kematian Pasien, Menko PMK Berharap Obat Covid-19 Harus Sampai ke Puskesmas

Muhadjir Effendy / liputan6


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap ketersediaan obat Covid-19 tidak hanya terpusat di rumah sakit dan rumah sakit rujukan saja.

Melainkan, obat Covid-19 juga perlu sampai ke tingkat Puskesmas. Hal itu penting untuk mencegah atau menekan angka kematian pasien Covid-19, baik yang di rumah sakit maupun yang menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Baca Juga :  Kunjungi Pekalongan, Menko Airlangga Berikan Bantuan 1 Ton Telur untuk Para Santri

Hal itu dikemukakan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, saat menyoroti terjadinya kelangkaan obat yang digunakan dalam menangani pasien Covid-19.

Hal itu tidak hanya terjadi di satu daerah, bahkan berskala nasional.

Advertisement

“Masalah obat ini nanti saya diskusikan dengan Pak Menkes. Untuk pengadaan obat-obat tertentu terutama yang bergejala berat dan kritis, termasuk jarang di sini (Kalsel) obatnya. Dan ini persoalan nasional karena obat-obat ini masih impor,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga :  Terbongkar, Mantan Kapolsek di Sragen Ternyata Sempat Minta Rp 1,5 Miliar Untuk Hapus Status Tersangka. Simak Percakapannya, Ngeri!

Di antara obat tersebut, menurutnya, obat antivirus yang paling penting harus dijamin ketersediaannya.

Halaman:   1 2 Semua