JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

WhatsApp Luncurkan Fitur View Once (Hapus Foto Otomatis) di iOS dan Android, Begini Cara Pakainya

Ilustrasi / pexels
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar baik bagi para pengguna WhatsApp yang ingin mengirim foto atau video yang bersifat privasi. WhatsApp baru saja meluncurkan fitur terbaru yaitu hapus foto otomatis atau view once (sekali lihat) untuk pengguna iOS dan Android.

Fitur ini menawarkan privasi untuk konten sensitif. Dengan menggunakan fitur ini, penerima pesan tidak dapat mengunduh foto atau video yang dikirim dan tidak akan mendapat preview gambar view once di kolom chat.

Meskipun begitu penerima pesan masih dapat melakukan screenshot gambar. Namun perlu diketahui, bahwa pengirim pesan tidak akan diberi notifikasi bahwa si penerima telah melakukan screechot.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna WhatsApp harus melakukan meng-update aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda dapat membuka obrolan grup atau individu. Lalu ketuk kamera untuk mengambil foto atau pilih salah satu foto yang ada di galeri.

Selanjutnya, saat hendak mengirim akan muncul ikon berupa angka ‘1’ di sudut kanan bawah layar, klik ikon tersebut untuk mengaktifkan fitur view once. Kemudian tekan kirim.

Pesan foto/video ‘view once’ akan secara otomatis terhapus oleh WhatsApp setelah penerima pesan membuka atau melihat foto/video yang dikirim.

Pengirim pesan di WhatsApp akan menerima notifikasi apabila foto atau video tersebut sudah dibuka. Notifikasi ini juga tetap akan diberikan pada pengirim, meski fitur read receipts dimatikan dan tidak ada informasi waktu gambar itu dibuka penerima.

Selain fitur view once, dilansir dari Liputan6.com, menurut WABetaInfo, beta terbaru WhatsApp (versi 2.21.120.9) memungkinkan pengguna untuk mencari stiker.

Pengguna WhatsApp dapat mengetikkan kata atau emoji tertentu yang mencerminkan salah satu stiker di perpustakaan stiker, maka WhatsApp akan menampilkan tombol stiker, untuk memberitahu bahwa stiker telah ditemukan. Harum Ika Praningrum

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com