JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Hati-hati Jika Sering Mual dan Sakit Kepala Selama WFH! Jangan-jangan Zoom Fatigue

Ilustrasi / pexels

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk mengubah kehidupan dan beradaptasi dengan kondisi yang serba tidak bisa ditebak saat ini.

Pembatasan aktivitas sosial di tempat umum dilakukan diberbagai tempat guna menekan laju penyebaran virus tersebut.

Salah satunya adalah kegiatan bekerja yang saat ini tak lagi dilakukan di kantor melainkan dirumah masing-masing (WFH).

Selain kegiatan rutin seperti bekerja atau melakukan tugas, rapat juga dilaksanakan secara daring atau virtual menggunakan aplikasi pihak ketiga, misalnya zoom, google meet, video call, dan lain sebagainya.

Advertisement
Baca Juga :  Menonton Film Horor Bagus untuk Kesehatan Mental Lho! Ini Pandangan Ilmiahnya

Akibat dari kebiasaan baru ini memunculkan fenomena zoom fatigue. Zoom fatigue digambarkan dengan rasa kelelahan yang terjadi akibat penggunaan platform komunikasi virtual yang berlebihan.

Hal ini menyebabkan mata terasa pegal, terasa kering bahkan sampai iritasi, pandangan terasa kabur, mual dan nyeri kepala.

“Gejala-gejala ini nih sebetulnya ada istilahnya lainnya namanya computer vision syndrome, artinya keluhan ini muncul sebagai akibat dari pajanan radiasi dari monitor terhadap mata kita,” jelas dokter spesialis okupasi, Palupi Agustina Jayadi, dalam webinar “WFH = Kerja 24/7? Ketika Kerja Tidak Lagi Mengenal Waktu dan Batasan”, disiarkan secara virtual beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  10 Makanan dan Minuman yang Tidak Baik untuk Kesehatan

Dilansir dari Liputan6.com, Berdasarkan hasil studi di Inggris, yang diikuti oleh lebih dari 500 responden, menjelaskan lebih dari setengahnya menjawab efek dari bekerja dari rumah adalah nyeri leher, nyeri bahu dan nyeri punggung.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua