JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Optimal Jaga Kesehatan, Perhatikan  Waktu Makan dan Tidur

ilustrasi makan sehat / tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Waktu makan secara langsung mempengaruhi ritme sirkadian tubuh, alias perubahan fisik, mental dan perilaku alami yang mengikuti siklus 24 jam.

Merujuk pada penelitian ilmiah, sebagaimana dilansir dari tempo.co, hubungan tersebut mempengaruhi kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Para ahli tidur mengemukakan bahwa ada beberapa cara untuk menggunakan waktu makan agar ritme sirkadian anda tetap terjaga dan stabil, bahkan jika Anda bekerja dengan jam yang tidak biasa atau sedang bepergian (dan dengan demikian mungkin cenderung tidak berpegang pada waktu makan yang konsisten). Berikut ini merupakan empat cara mengoptimalkan waktu makan dan tidur Anda.

  1. Konsisten dengan waktu makan

Cara ini adalah cara yang paling mudah, yaitu hanya dengan makan makanan Anda pada waktu yang sama setiap harinya.

  1. Memberi tubuh waktu untuk beristirahat (tidak mencerna) sebelum tidur
Baca Juga :  Sederet Manfaat Olahraga Pagi, Bisa Buah Lebih Bahagia hingga Mudah Tidur

Cara yang kedua yuntuk meretas waktu makan Anda untuk tidur yang lebih nyenyak adalah dengan memberi kesempatan tubuh lebih banyak waktu beristirahat. Caranya dengan tidak makan dua jam sebelum tidur.

  1. Bagi pekerja shift malam, makanlah lebih banyak dengan porsi yang lebih sedikit

Jika anda bekerja untuk shift malam, makanan yang anda makan saat siang hari mungkin tidak berhasil untuk anda, Sophie Bostock, yang juga dikenal luas sebagai The Sleep Scientist mengatakan lebih baik makan beberapa kali dalam porsi kecil sepanjang hari daripada tiga kali makan besar dalam jangka waktu 10 hingga 12 jam. Tubuh lebih suka dengan gula dan lemak saat lelah, jadi makan beberapa porsi kecil makanan kaya protein dan serat membantu mengurangi hal ini sambil tetap memberikan banyak waktu untuk beristirahat saat Anda tidur, katanya.

  1. Buatlah jadwal teratur untuk tidur dan makan saat bepergian
Baca Juga :  Tentang Varian Omicron dan Beberapa Gejalanya, di Antaranya Kelelahan Ekstrem

Jika Anda sedang melakukan perjalanan ke suatu tempat di zona waktu yang berbeda, Dr. Bostock merekomendasikan anda agar menyesuaikan waktu makan dan tidur. “Maskapai penerbangan akan cenderung menyajikan makanan saat nyaman bagi kru, daripada saat yang terbaik untuk jam tubuh Anda, jadi mungkin membantu untuk membawa persediaan makanan Anda sendiri,” katanya.

Menurut para ahli, bekerja melawan ritme sirkadian alami tubuh akan berdampak buruk untuk kesehatan, bukan hanya waktu tidur. Dengan mengingat hal itu, waktu makan yang konsisten dapat membuat semua perbedaan bagi Anda. Chairul Roziqi Putra

Bagi Halaman