JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Lowongan 458 Perangkat Desa di Wonogiri, Seleksinya Bakal Pakai Uji Kompetensi

Bupati
Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM โ€” Pemkab Wonogiri mengumpulkan seluruh Kepala Desa (Kades) secara bertahap, Senin (13/9/2021). Salah satu materi yang dibicarakan mengenai pengisian perangkat desa.

“Nanti akan dievaluasi soal usulan pengisian perangkat desa. Prinsipnya pengisian harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan desa dalam, beban kerjanya, dan seterusnya,” jelas Bupati Wonogiri Joko Sutopo ditemui usai pertemuan dengan para kades di Ruang Kahyangan komplek Setda Wonogiri.

Informasinya, sebanyak 458 jabatan perangkat desa di Kebupaten Wonogiri saat ini kosong. Pemkab setempat kemudian berencana menggelar rekrutmen pengisian jabatan itu.

Baca Juga :  Siapa Saja Calon Bupati Wonogiri 2024?

Rencananya rekrutmen pengisian jabatan perangkat desa digelar tahun ini. Ini untuk menyegerakan kesiapan desa menghadapi program 2022.

Proses perekrutan perangkat desa nantinya akan menggunakan sistem uji kompetensi. Sistem ini seperti diterapkan pada rekrutmen perangkat desa tahun 2017.

Pemkab menyatakan sudah mensosialisasikan hal tersebut kepada pemerintah desa jauh-jauh hari. Dengan harapan, semua pihak yang memiliki kompetensi dapat mempersiapkan diri sejak awal.

Pengisian perangkat desa diadakan untuk posisi sekretaris desa (Sekdes), kepala urusan (Kaur), hingga kepala dusun (Kadus). Pengisian perangkat desa secara serentak tersebut ditargetkan selesai bulan Oktober-November mendatang, karena terkait penentuan anggaran untuk 2022.

Baca Juga :  Persempit Ruang Gerak Aksi Tawuran hingga Balap Liar selama Ramadhan 2024 ini yang Dilakukan Aparat

Pihaknya berharap, pengisian perangkat desa nantinya menghasilkan komposisi yang minim struktur. Namun kaya fungsi, demi mewujudkan efisiensi anggaran.

โ€œJangan sampai satu RW satu Kadus. Namun juga harus ada beban kerja berbasis pada teritorial, geografis, dan jumlah keluarga yang bisa diampu,โ€ beber dia. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com