JOGLOSEMARNEWS.COM Nasional Jogja

Melihat dari Dekat Uniknya Kampung Teletubbies di Sleman

Inilah kenampakan komplek rumah dome di kampung New Ngelepen, Kecamatan Prambanan, Sleman / Foto: Grahita Narasetya


SLEMAN, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemandangan yang tak biasa akan dijumpai ketika berkunjung ke kampung New Ngelepen, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pasalnya, bangunan-bangunan yang ada di kampung ini memiliki bentuk unik, yaitu berbentuk kubah (dome house) atau biasa disebut Rumah Teletubbies.

Sepintas, bangunan-bangunan tersebut memang mirip dengan bentuk rumah di serial TV Teletubbies. Ada juga yang menyebut bangunan-bangunan itu mirip rumah Iglo milik suku Eksimo.

Baca Juga :  Kelurahan Sinduharjo Sleman Dideklarasikan Sebagai Kelurahan Damai Bertepatan dengan Peringatan Hari Perdamaian Dunia 2021

Bukan tanpa alasan, bentuk rumah yang seperti itu memiliki struktur yang dirancang tahan terhadap gempa bumi.

Advertisement

Sejarah berdirinya kampung ini pun tak lepas dari kejadian gempa bumi dahsyat yang mengguncang Yogyakarta pada tahun 2006 silam.

Akibatnya, penduduk di kampung ini harus kehilangan tempat tinggal karena tanah mereka tidak memungkinkan untuk ditempati lagi.

“Kampung ini (New Ngelepen) ada setelah gempa tahun 2006. Warga yang kehilangan tempat tinggal sekarang tinggal di sini,” ungkap Sipur, salah satu penduduk asli Kampung Ngelepen, Minggu (12/9/2021).

Baca Juga :  Sedang Layani Pembeli, Karyawan Angkringan di Yogya Ini Ditusuk Pakai Pisau Dapur

Keberadaan bangunan-bangunan yang memiliki bentuk setengah bola ini terwujud berkat bantuan dari luar negeri.

Beberapa bulan setelah gempa bumi 2006, sebuah Lembaga Masyarakat Non Pemerintah dari Amerika Serikat memberikan bantuan berupa rumah-rumah dome yang sampai kini masih berdiri kokoh.

Halaman selanjutnya ›

Halaman :  1 2 Tampilkan semua