JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Waspadai Dampak Gempa Lewat Monumen Gempa 2006 di Cepoko Sawit (Bagian 1)

Monumen Gempa 2006 . Foto: Triawati

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Gempa bumi dengan kekuatan 5,9 skala Ritcher berpusat di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tahun 2006 lalu berdampak luas di sejumlah daerah di sekitarnya. Termasuk di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, gempa tersebut mengakibatkan kerusakan parah khususnya di Desa Cepoko Sawit, Desa Kenteng dan Desa Satriyan di Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Baca Juga :  Terima  Bantuan Air Bersih dari KIPS, Warga Wonosamodro, Boyolali  Sangat Antusias  dan Bersyukur

Banyak rumah warga yang mengalami kerusakan parah akibat gempa tersebut. Dan untuk memperingati kejadian tersebut, dibangun Monumen Gempa 2006 yang terletak di Desa Cepoko Sawit, Sawit, Boyolali.

Sesepuh Desa Cepoko Sawit, Kecamatan Sawit, Boyolali, Kardiyo menceritakan, selain menimbulkan banyak kerusakan rumah warga, gempa Jogjakarta tahun 2006 lalu juga menimbulkan korban jiwa dan luka-luka.

Baca Juga :  Mendadak Heboh, Muncul 7 Bunga Bangkai di Kebun Warga Musuk Boyolali. Begini Penampakannya

“Rumah saya ikut hancur juga waktu itu. Sebagai bentuk keprihatinan dan untuk memperingati gempa itu kemudian dibangun museum ini. Museum dibangun dan berdiri tepat di depan Kantor Balai Desa Cepoko Sawit,” urainya, Senin (20/9/2021).

Advertisement

Monumen Gempa 2006 . Foto: Triawati
Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua