JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Akhirnya Obyek Wisata Dibuka Tanpa Aturan Ganjil Genap Tapi Anak Dibawah 12 Tahun Dilarang Masuk

Ganjil genap
Salah satu obyek wisata andalan di Wonogiri. Foto : istimewa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Akhirnya objek wisata di Wonogiri kini resmi dibuka kembali setelah sempat ditutup saat pandemi melanda.

Hanya saja ada sejumlah aturan yang mengikuti kebijakan pembukaan obyek wisata itu. Tapi ada pula pelonggaran yang berbeda dengan ketentuan di daerah lainnya.

Pembukaan objek wisata di Kota Sukses diizinkan sesuai dengan Instruksi Bupati (Inbup) Wonogiri Selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Kabupaten Wonogiri Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Wonogiri.

Dalam Inbup itu, fasilitas umum seperti area publik dan tempat wisata diizinkan dibuka. Tapi dengan kapasitas 25 persen dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga :  Petir Menyambar di Baturetno Longsor Tirtomoyo Hingga Banjir di Selogiri, ini Bencana Alam di Wonogiri Awal Penghujan 2021

Sementara itu, aturan penerapan ganjil genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata tidak diterapkan di Kota Gaplek Wonogiri. Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan kebijakan semacam itu bisa diterapkan di objek wisata yang ramai pengunjung seperti di Bogor. Potensi wisata di Kota Hujan sangat menarik banyak wisatawan sehingga ganjil genap cocok diterapkan disana untuk mengatur jumlah pengunjung.

“Kita nggak menerapkan ganjil genap saja sepi. Ganjil genap ini harus dimaknai untuk mengatur jumlah pengunjung. Kebijakan itu diterapkan di wilayah yang punya potensi wisata yang luar biasa, contoh di Bogor. Gunung dan hutan di Bogor dengan Wonogiri kan beda,” kata Jekek, Jumat (9/10/2021).

Baca Juga :  Bocoran Materi Uji Krida Saka Wira Kartika Raden Mas Said-Raden Ayu Kusuma Patah Ati Wonogiri, Terapkan 22 Syarat Kecakapan Khusus

Karena itu Wonogiri tidak menerapkan ganjil genap. Pertimbangannya, destinasi wisata di Kota Sukses tidak strategis seperti daerah lain. Apalagi saat ini objek wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM) juga masih ditutup karena direvitalisasi.

Selain itu ada aturan mengikat lainnya. Pengunjung dan pegawai obyek wisata wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin minimal dosis pertama untuk kepentingan skrining.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua