JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Anak Diberi Nama Gabungan Huruf dan Tanda Baca, Bolehkah Menurut Negara?

Nama unik
Balita bernama unik 'N'...Clio bersama kedua orang tuanya di Eromoko, Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Seorang balita di Kecamatan Eromoko, Wonogiri belakangan menyita perhatian publik, pasalnya memiliki nama unik gabungan tanda baca dan huruf, yakni ‘N’…Clio. Lantas bagaimana pandangan pemerintah terhadap hal itu, bolehkah secara administratif memberikan nama dengan pencantuman tanda baca?.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab secara lugas oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Wonogiri, Sungkono. Kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (13/10/2021), Sungkono menegaskan tidak masalah memberikan nama anak dengan gabungan tanda baca dan huruf.

“Secara sistem tidak masalah memberikan nama gabungan huruf dan tanda baca. Dengan kata lain tidak ada masalah dalam administrasi kependudukan,” ujar Sungkono.

Pihaknya sudah mengkonsultasikan hal itu ke pusat. Melalui Ditjen Catatan Sipil, tidak ada problem secara administratif dalam pemberian nama seseorang dengan huruf dan tanda baca. Dipastikan akta kelahiran, kartu tanda penduduk, maupun kartu keluarga dan dokumen kependudukan lainnya tercantum nama sesuai yang dimaui orang tua.

Advertisement
Baca Juga :  Nama Unik 'N'...Clio, Nyata Ada di Eromoko Wonogiri, Gabungan Huruf dan Tanda Baca

Ini dibuktikan dengan keluarnya akta kelahiran plus kartu keluarga dari keluarga balita di Eromoko tersebut. Di dalamnya tercantum nama si balita sesuai kehendak ayah ibunya, ‘N’…Clio.

Kemudian bagaimana ketika mengakses data perbankan atau data elektronik yang mengharuskan penulisan nama lengkap?.

“Institusi yang mengambil data dari Kependudukan dan Pencatatan Sipil dipastikan tidak ada masalah. Misalnya ketika mengakses layanan di perbankan, ‘kan perbankan itu ada kerjasama soal data dengan Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil), ya artinya tidak masalah,” tandas dia.

Baca Juga :  Kapan Jadwal Pencairan BPUM Tahap V dan Apa Saja Syarat untuk Mendapat Bantuan Tunai 1,2 Juta dari Pemerintah

Pria penyuka olahraga badminton itu menerangkan, kemungkinan permasalahan minor bisa saja muncul nantinya. Dia mengambil contoh terkait nama panggilan si anak oleh teman-temannya di sekolah. Merujuk nama unik di Eromoko, apa mungkin si anak dipangggil tanda kutip, titik, atau lainnya.

“Prinsipnya ketika nama itu memang dikehendaki orang tuanya dan ada pengharapan besar yang disesuaikan dengan kepercayaan orang tua, tidak masalah. Tapi kalau nanti si anak merasa kurang nyaman, dan ingin menganti namanya, harus ada proses hingga ke persidangan,” beber dia.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua