JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Geger Backhoe Besar Mendadak Meledak Lalu Terbakar Hebat di Perbatasan Sragen. Lalu Lintas Sempat Macet, Damkar Terjun Berjibaku

Petugas damkar Kabupaten Sragen berjibaku memadamkan kobaran api yang melahap mesin backhoe di perbatasan Sragen-Ngawi. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Insiden tak terduga menimpa sebuah mesin alat berat eksavator atau backhoe.

Alat berat milik PT Surya Group di perbatasan Sragen-Mantingan, Ngawi itu mendadak meledak dan kemudian terbakar hebat.

Data yang dihimpun di lapangan, insiden itu terjadi Kamis (30/9/2021) petang pukul 15.30 WIB.

Mesin backhoe milik Adi Supriyanto (56) yang berada di lahan dekat jalan Raya Sragen-Ngawi tepatnya di KM 46 Mantingan itu mendadak mengeluarkan suara ledakan.

Sejurus kemudian, ledakan disertai kemunculan percikan api yang membakar mesin tersebut. Karena berlokasi di dekat jalan raya dan permukiman, tak pelak insiden itu membuat warga terkejut dan panik berhamburan.

Baca Juga :  Desa Tangkil Sragen Melaju ke Lima Besar Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah

Para pengendara yang melintas juga sempat berhenti sehingga membuat arus kendaraan sempat macet.

“Kami menerima informasi kebakaran mesin eksavator di perbatasan Mantingan-Sragen, sehingga kami langsung merespon dengan mengirim petugas serta mobil pemadam,” papar Kabid Pemadaman Kebakaran Satpol PP Sragen, Sunardi mewakili PLT Kasatpol PP, Samsuri, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (1/10/2021).

Dari hasil pantauan di lokasi, ia menyampaikan kebakaran itu diduga dipicu karena korsleting.

Hal itu dikarenakan mesin backhoe itu sudah terlalu lama sehingga dimungkinkan ada perangkat bagian kelistrikan yang mengalami hubungan arus pendek.

Baca Juga :  Partai Golkar Sragen dan PDI Perjuangan Semakin Mesrah Koalisi Jelang Pilkada Sragen 2024, Bayu: Kalau di Lagu Merah Kuning Hijau di Langit Yang Biru, Merah Pemenang dan Kuning Pemenang Kedua !

“Kemungkinan karena terlalu lama, sehingga perangkat aki meledak sehingga menimbulkan api yang besar. Karena takut makin membesar lalu pemilik langsung menelpon kantor Damkar Sragen untuk meminta bantuan pemadaman kebakaran alat berat tersebut,” terang Sunardi.

Namun ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta. Sementara setelah berjibaku hampir satu jam, api berhasil dijinakkan dengan kondisi eksavator sudah hangus terbakar. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com