JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Daftar Pejabat Baru Wonogiri, Mulai Kepala Dishub Hingga Direktur RSUD

Pejabat Wonogiri
Mutasi pejabat Pemkab Wonogiri. Dok. Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Untuk kali pertama sejak menjabat sebagai Bupati periode dua, Joko Sutopo akhirnya memutasi pejabat eselon, Rabu (6/10/2021).

Dalam mutasi tersebut tercatat ada 231 orang pejabat. Mereka terdiri dari 231
4 jabatan tinggi pratama eselon II, 49 jabatan administrator (eselon III), 165 jabatan pengawas (eselon IV), 12 kepala UPTD Puskesmas, 1 penyuluh pertanian ahli utama.

Mutasi ini termasuk menggeser empat eselon II, yakni Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB dan P3A). Namun demikian, mutasi tersebut ternyata masih menyisakan kosongnya tujuh jabatan eselon II setingkat kepala OPD.

Uniknya, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat dilaksanakan di sejumlah lokasi berbeda untuk mencegah kerumunan yang berisiko terjadi penularan COVID-19. Di antara loaksi yang dipakai adalah Graha Personalia Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan masing-masing kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca Juga :  Harga Beras Naik di Wonogiri Apakah Ada Operasi Pasar?

Pejabat eselon II yang dimutasi meliputi Waluyo yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satpol PP menjadi Kepala Dinas Perhubungan, Sri Wahyu Widayatto, semula Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menjadi Kepala Dinas Kearsipan. Selanjutnya Adhi Dharma sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kesehatan menjadi Direktur RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, dan Setyorini semula menjabat Kepala Dinas PPKB dan P3A kini menjadi Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri.

Bupati mengatakan pada prinsipnya ini merupakan mutasi pertama setelah ia menjabat pada periode kedua. Promosi dan mutasi ini sebagai upaya untuk pemenuhan jenjang karier para ASN kami.

Baca Juga :  Banjir Tanah Longsor hingga Lesus Berpotensi Terjadi di Wonogiri

Pihaknya berharap dengan adanya mutasi tersebut ada budaya baru. Dalam hal ini, akuntabilitas publik untuk mengontrol proses mutasi dan seleksi. Jika ini berjalan dengan baik, maka ada pertanggungjawaban yang utuh untuk para ASN. Tujuannya adalah demi kinerja lebih baik sehingga melahirkan program yang lebih visioner demi Wonogiri menjadi luar biasa.

Namun demikian, mutasi ini menyisakan tujuh jabatan eselon II yang kosong. Dalam pekan ini pihaknya bakal menggelar uji kompetensi kalau ada yang memenuhi kualifikasi akan dilantik pada tahap berikutnya. Ini termasuk di dalamnya jabatan camat yang kosong.
Meliputi kepala BKD, kepala DLH, kepala Satpol PP, kepala Dinas PPKB dan P3A, kepala Dinas Pertanian dan Pangan, kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com