JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Penyebab Pembelajaran Tatap Muka alias PTM di Wonogiri Bisa Mulus Tanpa Temuan Kasus Positif COVID-19

PTM
Seorang guru SMPN 1 Wonogiri memeriksa catatan ruangan pelaksanaan PTM terbatas. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka alias PTM di Wonogiri sudah berjalan sekitar sepekan. Selama itu tidak dijumpai adanya kasus positif COVID-19.

Hal itu disebabkan sejumlah faktor. Di antaranya kebiasaan pada budaya baru warga sekolah yang telah lama tertanam. Selain itu getolnya pemerintah dalam mendisiplinkan kebijakan yang taat pada upaya menekan penularan virus Corona.

Kepala SMP Negeri 1 Wonogiri Sri Nuryati mengatakan PTM terbatas di sekolahnya baru mulai digelar pada Kamis (21/10) kemarin. Pasalnya pada Senin (18/10) dan Selasa (19/10) lalu sekolah itu digunakan sebagai lokasi vaksinasi. Sementara pada Rabu (20/10) adalah tanggal merah.

Baca Juga :  Bolehkah Mudik Sebelum Natal dan Tahun Baru untuk Antisipasi Larangan Pulang Kampung Nataru?

“Sejak digelar, PTM terbatas Alhamdulillah berjalan lancar,” kata dia Selasa (26/10/2021).

Sri Nuryati menjelaskan, para siswa sudah bisa menerapkan kebiasaan hidup baru di sekolah guna meminimalkan potensi penyebaran Corona. Menurut dia, pahamnya para siswa soal protokol kesehatan (prokes) tidak didapat secara langsung. Kebiasaan hidup baru di sekolah sudah dikenalkan sejak sekolah itu menggelar uji coba PTM beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Begini Skenario PTM Full 100 Persen SMA di Wonogiri, Disdik Jateng Rekomendasikan Siswa Dibagi 2 Shift

Pihaknya berusaha menjalankan SOP PTM terbatas semaksimal mungkin. Misalnya, para guru memantau hilir mudik siswa yang masuk dan pulang sekolah supaya tak terjadi kerumunan. Termasuk juga penggunaan aplikasi PeduliLindungi saat siswa masuk ke area sekolah.

“Yang masuk 50 persen kapasitas,” kata Sri Nuryati.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua