JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Jangan Panik Jika Terjebak di Lift. Tenang, Ini Yang Perlu Dilakukan

terjebak dalam lift
Ilustrasi terjebak dalam lift / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kasus lima orang terjebak dalam lift yang terjadi di sebuah bangunan di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur,  membuat heboh.

Bagi siapapun, terjebak dalam lift tentu spontan akan merasa panik dan tak tahu apa yang harus diperbuat. Bahkan, dalam kasus di  Rawamangun itu, ada seorang balita berusia empat bulan.

Sebenarnya, langkah apa yang harus dilakukan saat kita terjebak dalam lift? Berikut rangkumannya dari beberapa sumber:

  1. Perlu Bersikap Tetap tenang

Bersikaplah tenang, dan jangan panik. Cobalah tarik nafas dalam-dalam dan buatlah kondisi tubuhmu normal. Sebab, kepanikan yang berlebihan hanya akan membuatmu mengalami kekurangan oksigen, karena biasanya lift tidak ada ventilasi. Jadi, bersikap tenang akan menghemat oksigen.

  1. Selain bersikap tenang, hindari pula tindakan-tindakan yang kurang berguna, seperti meloncat-loncat atau melakukan gerakan berlebihan di dalam lift, karena itu sama-saja dengan membuang-buang energi dan oksigen.
  2. Panggil bantuan

Kondisi yang tenang, membuat otak tenang untuk berpikir. Lihat papan tombol, dan gunakan tombol bantuan yang ditandai dengan bel. Namun jika listrik mati, gunakan benda keras seperti hak sepatu atau kunci untuk membuat suara ketukan sambil berteriak meminta tolong.

4. Buat sumber cahaya

Selain cara-cara yang telah dipaparkan di atas, apalagi jika listrik mati dan lampu lift padam, anda bisa menggunakan senter atau ponsel sebagai penerangan. Biasanya, suasana akan semakin panik jika lift dalam kondisi gelap.

5. Coba tekan tombol buka pintu

Seandainya  lift macet di salah satu lantai dan pintunya tidak terbuka, padahal lantai tujuan kamu belum sampai, jangan paksa menekan tombol lantai yang ingin kamu tuju.

Sebelumnya cobalah memencet tombol lantai tempatmu terjebak. Jika itu tidak bekerja, coba menekan tombol membuka pintu.

6. Keluar paksa

Yang harus diingat, pastikan dulu lift tidak berada di antara lantai atau menggantung di tengah jalur. Dalam kondisi berhenti di salah satu lantai, baru kamu bisa membuka paksa pintu lift atau tarik interlock yang menahan pintu hingga terbuka. Suhamdani

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com