JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Baik! Arab Saudi Mulai Buka Akses Bagi Jemaah Umroh Indonesia, Kemenag Kebut Persiapannya

Ilustrasi kabah. Foto: pixabay.com
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar baik bagi para calon jemaah umroh perlahan mulai tampak. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan pengaturan pelaksanaanย umrahย bagi jemaah Indonesia.

Lampu hijau keberangkatan juga mulai mencuat karena Kementerian Agama meminta para Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) untuk melakukan langkah-langkah persiapan.

Dirjen Penyelenggaraa Haji dan Umrah, Hilman Latief mengatakan, pihaknya telah bersurat kepada para pimpinan PPIU tertanggal 11 Oktober 2021, tentang Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Umrah 1443H.

“Kami minta penyelenggara perjalanan ibadah umrah mempersiapkan keberangkatan jamaahnya, khususnya mereka yang telah mendaftar dan membayar biaya umrah di PPIU namun tertunda keberangkatannya hingga saat ini,” tutur Hilman Latief dilansir dari Tempo, Selasa (19/10/2021)

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

Di samping mendata jemaah yang keberadaannya tertunda, Hilman juga meminta PPIU memastikan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap telah diterima calon jemaah umroh Indonesia. Hal tersebut sangat penting karena merupakan salah satu persyaratan keberangkatan.

Ia juga mengingatkan PPIU untuk melaporkan data jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya tetapi telah melakukan pembatalan atau penarikan biayaย perjalanan ibadahย umrah.

Laporan itu nantinya dilampirkan secara tertulis oleh masing-masing PPIU dan dikirimkan melalui email laporanumrah@kemenag.go.id atau laporanumrah@gmail.com.

Baca Juga :  Yakin Mafia Pemilu Tak Bisa Beli MK, Tim AMIN Optimistis Gugatan Pilpres 2024 Bakal Dikabulkan

Seperti informasi yang telah tersebar sebelumnya, otoritas Arab Saudi menerbitkan keputusan terkait penutupan sementara akses masuk ke wilayahnya bagi pendatang dari 20 negara, termasuk Indonesia. Kebijakan tersebut ditetapkan 2 Februari 2021 dan langsung berlaku efektif sejak 3 Februari 2021.

Sejak saat itu, pemberangkatan jemaah umrah asal Indonesia masih tertunda hingga sekarang. Namun, pemerintah Arab Saudi sedikit demi sedikit melalukan persiapan pembukaan akses bagi para calon jemaah, termasuk bagi Indonesia.ย Linda Andini Trisnawati

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com