JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Makna Filosofis Logo PBSI yang Berkibar Gantikan Sang Saka Merah Putih di Seremoni Thomas Cup 2020

Momen podium kemenangan tim beregu putra Indonesia bersama pengibaran bendera PBSI di Final Thomas Cup 2020. Foto: PBSI
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Bendera Merah Putih terpaksa tak dapat dikibarkan saat Tim Thomas Indonesia naik podium sebagai juara. Sebagai penggantinya dikibarkanlah bendera berlogo Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Hal ini merupakan salah satu imbas sanksi yang diberikan badan anti-doping dunia (WADA) kepada Indonesia.

Setelah 19 tahun menanti, Piala Thomas berhasil dibawa pulang ke Indonesia setelah Tim beregu putra Indonesia mengukuhkan diri sebagai juara setelah menggulung habis China dengan skor telak 3 – 0 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark pada Minggu (17/10/2021)

Kendati tak bisa mengibarkan Merah Putih, rasa nasionalisme tetap mengalir di logo PBSI yang semalam mengiringi seremoni kontingen Indonesia. Belum banyak yang tahu, ternyata logo organisasi itu memiliki nilai yang sangat bermakna filosofis.

Dari warna hingga butiran lambangnya, inilah sederet filosofi dibalik logo PBSI dilansir dari artikel Universitas Bina Nusantara.

Baca Juga :  Solo Akan Menjadi Tuan Rumah Piala AFF U16 2024 dan Surabaya AFF U19
Logo PBSI
1. Lima Warna

Lambang PBSI memiliki lima warna pada bagiannya. Warna-warna tersebut yaitu kuning, hijau, hitam, merah, dan putih. Setiap warna mempunyai makna sesuai cita-cita luhur bangsa.

Warna kuning melambangkan kejayaan, hijau menyimbolkan kesejahteraan dan kemakmuran, hitam mengisyaratkan kesetiaan yang kekal, merah menandakan keberanian, dan putih menyiratkan kejujuran.

2. Kapas

Kapas yang terdapat pada lambang PBSI berjumlah 17 biji. Sangat mendetail, jumlah biji kapas tersebut merupakan simbol dari angka kemerdekaan Indonesia, yakni 17.

3. Bulu

Logo PBSI menampilkan sebanyak 8 helai bulu sebagai bagian dari shuttlecock bulu tangkis.
Jumlah tersebut melambangkan bulan kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada bulan kedelapan, bulan Agustus.

4. Huruf PBSI

Singkatan ‘PBSI’ memiliki empat huruf yang tepat berada di tengah logo. Tulisan ‘PBSI’ menghubungkan antara padi dan kapas dengan gambar setengah lingkaran sebanyak 5 biji berwarna merah di bawah shuttlecock. Lambang tersebut juga merupakan salah satu simbol dari dari kemerdekaan Republik Indonesia 1945.

Baca Juga :  Solo Akan Menjadi Tuan Rumah Piala AFF U16 2024 dan Surabaya AFF U19
5. Padi

Padi pada logo PBSI berjumlah 51 butir. Hal tersebut digunakan sebagai penanda yang berkaitan dengan hari lahirnya PBSI, yakni 5 Mei 1951.

6. Perisai

Keseluruhan logo PBSI membentuk pola perisai. Makna perisai menandakan simbol ketahanan, kekuatan, sikap rendah hati tetapi ulet, dan ketekunan.

Dengan nilai-nilai filosofis yang tertanam di setiap butir lambangnya, diharapkan PBSI mampu menjadi induk organisasi yang memajukan dunia bulu tangkis Indonesia dan mengharumkan nama bangsa di kancah kompetisi dunia. Linda Andini Trisnawati

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com