JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Menonton Film Horor Bagus untuk Kesehatan Mental Lho! Ini Pandangan Ilmiahnya

Ilustrasi menonton film horor / tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Ada anggapan bahwa menonton film horor bisa membuat anak menjadi penakut.

Tapi, sebuah pandangan ilmiah menyebutkan, menonton film horor justru bisa menguatkan mental seseorang, menghilangkan stres dan kecemasan.

Dalam sebuah wawancara untuk film dokumenter “Fear in the Dark” (1991), sutradara terkenal Wes Craven (“A Nightmare on Elm Street”, “Scream”) menyatakan film horor tidak menciptakan ketakutan, justru melepaskannya.

Menurutnya, keterlibatan dengan hal-hal yang membuat takut dapat menjadi bentuk katarsis sendiri.

Andrew Scahill, asisten profesor di departemen bahasa Inggris Universitas Colorado Denver di Amerika Serikat mengatakan pada usia 30-an, ada banyak kecemasan tentang apa yang dikonsumsi orang dan apakah itu mengubah mereka, terutama anak-anak.

“Ada kekhawatiran tentang apa yang membuat orang tergoda oleh genre horor,” kata Scahill.

“Kritik awal pada film datang dari tempat di mana film horor dipandang memungkinkan sadisme, pada dasarnya itu memberi daging dan tubuh pada fantasi yang seharusnya tidak diperkuat.”

Tetapi, karena film terus mempengaruhi budaya populer, para ilmuwan mulai mengubah pertimbangan tentang bagaimana film itu diterima.

Berikut alasan nonton film horor bisa melepaskan kecemasan dan membuat sehat mental, seperti dilansir dari Insider.

Membangun kekuatan jeritan demi jeritan

Awalnya dianggap sebagai aktivitas pasif, kritikus dan akademisi memperhatikan fakta orang yang menonton film malah bertindak sebagai reseptor aktif terhadap materi yang disajikan.

Dengan demikian, keterlibatan mereka dengan materi yang lebih gelap mungkin benar-benar berbicara tentang kebutuhan yang lebih dalam di luar rangsangan permukaan.

Menurut Kurt Oaklee, pendiri Oaklee Psychotherapy di San Francisco, California, pengalaman penonton dengan film horor mirip dengan praktik terapi pemaparan, di mana pasien dihadapkan pada stresor dalam lingkungan yang terkendali untuk mengurangi dampaknya.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

“Horor sebenarnya bisa mengajari kita cara menangani stres dunia nyata dengan lebih baik selama film yang penuh tekanan, kita sengaja mengekspos diri pada rangsangan yang menghasilkan kecemasan. Kita biasanya tidak terlibat dalam mekanisme menyesuaikan diri yang tidak sehat, yang sama seperti yang kita gunakan dalam kehidupan nyata. Kita belajar bagaimana mengelola stres. Praktik ini dapat membantu mengelola stres dan ketakutan sehari-hari,” ujarnya.

Harus diakui, konsep menggunakan film horor sebagai pemicu yang terkandung untuk mempengaruhi bentuk rilis mungkin hanya salah satu cara penonton melihat film horor sebagai sarana katarsis.

Dapat membantu menghadapi ketakutan

Tertarik oleh potensi horor untuk memberdayakan, pembuat film Jonathan Barkan mulai mengeksplorasi keterlibatan genre dengan kesehatan mental dalam film dokumenter yang akan datang tentang subjek dengan judul “Kesehatan Mental dan Horor”.

 

Barkan mengatakan dia mengenali kelenturan katarsis genre ini sejak awal berurusan dengan tragedi kehidupan nyata perjuangan saudara perempuannya dengan kanker. Didorong oleh kemampuan genre untuk mempromosikan empati dan menghadapi monster yang tak terlukiskan dalam kehidupan sehari-hari, eksplorasi Barkan tentang bagaimana orang lain menggunakan horor untuk menyembuhkan dan tumbuh terkait dampak yang lebih luas dari keterlibatan kita dengan film-film ini, yang sering diabaikan karena memiliki sedikit moral.

 

“Saya telah belajar begitu banyak orang melihat dan menggunakan horor dalam banyak cara yang berbeda, unik, dan indah untuk membantu kesehatan mental,” kata Barkan.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

 

Takut di tempat yang aman bisa sangat melegakan

Ternyata, beralih ke film horor untuk melegakan bukan hanya untuk orang-orang yang berani. Menurut Business Insider, pada Mei 2020, di masa puncak pandemi COVID-19, penjualan film horor di aplikasi film digital Movies Anywhere naik 194 persen dari Mei 2019. Pada saat dunia menghadapi kengerian sendiri, penonton masih mencari materi genre untuk melarikan diri. Terlepas dari krisis global, Oaklee percaya peningkatan rasa lapar akan film horor ini masuk akal.

 

“Bukan hal yang aneh jika orang tertarik pada film aksi atau horor di saat stres tinggi,” ujarnya. “Film horor memaksa Anda untuk terlalu fokus. Pikiran yang merenungkan dan cemas tidak lagi berputar pada stresor dunia. Sebaliknya, tubuh dalam mode pertarungan-atau-lari, dan tidak ada yang penting kecuali monster menakutkan di layar. Selama pandemi global, itu sangat menggoda.”

Faktanya, Oaklee menunjuk sebuah studi 2020 yang diterbitkan dalam jurnal NeuroImage, yang menemukan film menakutkan memang dapat memicu sirkuit ketakutan tubuh, menghasilkan respons lawan atau lari seperti halnya peristiwa menakutkan dalam kehidupan nyata.

Karena itu, Oaklee mencatat film horor dapat berdampak negatif pada beberapa orang, terutama yang lebih sensitif terhadap kecemasan, karena apa yang ditonton di layar dapat meningkatkan perasaan stres dan panik.

Tetapi, bagi yang lain, dia mengatakan pembangunan dan pelepasan ketegangan yang terus-menerus, yang merupakan bagian inti dari pengalaman menonton film horor, dapat membantu menghilangkan stres dari kehidupan sehari-hari, membuat mereka merasa lebih berdaya dan tangguh saat film berakhir.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com