JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Pengusaha Bus AKDP di Karanganyar Bingung Terhadap Fenomena Kelangkaan Solar

ilustrasi bus tengah melintas / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Kelangkaan solar yang terjadi di SPBU di Karanganyar dua pekan ini membuat pengusaha bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) resah dan gelisah.

Pasalnya, kondisi tersebut berdampak terhadap kelangsungan operasional. Bagaimana tidak, karena jam operasional menjadi berkurang 50% karena waktu habis hanya untuk antre membeli solar dan itupun dibatasi jumlahnya.

Tak pelak, para pengusaha bus mengalami kerugian karena setoran menurun. Dikhawatirkan jika tidak segera ada kepastian tentang kuota solar, nasib  pengusaha makin ngenes.

Baca Juga :  Kecelakaan Mobil Vs Motor di Batujamus Karanganyar. Satu Orang Pingsan dan Patah Tulang

“Ya jujur saja saya bingung ini arahnya bagaimana kok tiba-tiba solar langka dan antrean mengular di panjang,” ungkap Sujito (50)  pengusaha bus PO Setia Usaha jurusan Tawangmangu-Solo, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Kamis (21/10/2021).

Menurut Sujito, pihaknya mengalami penurunan setoran bus yang biasanya Rp 300.000-Rp 400.000/bus sekarang sekarang hanya Rp 200.000/bus saja susah.

Baca Juga :  OJK Bersama  Steakholder Sosialisasi Door to Door untuk Cegah  Korban Pinjol Ilegal di Kecamatan Kerjo Karanganyar

Kondisi itu terjadi sejak kelangkaan solar tersebut sehingga jam operasional berkurang dan efeknya setoran pun juga berkurang.

Diakui, untuk sementara pihaknya memaklumi kondisi kerugian itu dengan alasan kasihan pada karyawannya agar tetap bisa bekerja.

Hanya saja jika kondisi ketidakpastian itu terus berlangsung tanpa batas waktu yang jelas tentu kerugian makin besar.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua