JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan, Atasi Sakit Gigi Hingga Atur Gula Darah

Cengkeh. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Cengkeh merupakan salah satu rempah yang biasa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari cengkeh dimanfaatkan untuk bumbu masakan ataupun campuran minuman agar rasanya lebih nikmat dan segar.

Dalam hal masak-memasak cengkeh dimanfaatkan untuk membumbui daging paganggang, penambah rasa pada minuman panas hingga memberi aroma segar untuk kue.

Selain untuk melengkapi makanan atau minuman, cengkeh juga sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam cengkeh antara lain, kalium, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan masih banyak lagi kandungan zat yang mampu mendukung kesehatan tubuh. Bahkan, cengkeh juga ampuh untuk mendukung sistem imun.

Hasil penelitian membuktikan, cengkeh memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Melansir dari laman Healthline.com, berikut ini adalah beberapa manfaat cengkeh bagi kesehatan:

Mengandung nutrisi penting

Cengkeh mengandung serat, vitamin, dan mineral. Dengan demikian, cengkeh dapat memberikan nutrisi penting bagi tubuh. Dalam 2 gram cengkeh giling mengandung 6 gram kalori, 1 gram karbohidrat, 1 gram serat, 55 persen mangan dari nilai harian, serta 2 persen vitamin K dari nilai harian.

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Berdasarkan studi berjudul “The role of nutrients in bone health, from A to Z”, mangan merupakan mineral penting untuk menjaga fungsi otak dan menguatkan tulang.

Menghambat pertumbuhan bakteri

Cengkeh mempunyai sifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Minyak cengkeh efektif untuk membunuh berbagai jenis bakteri, salah satunya adalah Escherichia coli (E. coli) yang menyebabkan diare.

Menurut penelitian berjudul “Microbicide activity of clove essential oil (Eugenia caryophyllata)”, minyak esensial cengkeh dapat membunuh tiga jenis bakteri umum, termasuk E. coli, yang merupakan strain bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Sifat antibakteri ini juga bermanfaat untuk kesehatan mulut karena mampu membunuh bakteri yang bisa memicu penyakit gusi.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Mengatasi sakit gigi

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang dapat mengurangi rasa nyeri di gigi dan gusi. Selain itu, cengkeh juga bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan infeksi.

Membantu mengatur gula darah

Dari penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu menjaga gula darah tetap terkendali. Cengkeh dan nigericin dapat meningkatkan kontrol gula dari darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin, dan meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin.

Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah ke dalam sel. Fungsi insulin yang tepat sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Melindungi dari kanker

Sebuah penelitian berjudul “Clove Extract Inhibits Tumor Growth and Promotes Cell Cycle Arrest and Apoptosis” menemukan bahwa ekstrak cengkeh membantu menghentikan pertumbuhan tumor dan mempromosikan kematian sel dalam sel kanker.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com