JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

5 Luweng di Pracimantoro Wonogiri Tersumbat, Picu Genangan Banjir di Pekarangan Lahan Pertanian dan Jalan

Banjir Luweng
Aparat kepolisian menutup akses jalan depan KUA Pracimantoro Wonogiri lantaran tergenang banjir. Dok. Polres Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Hujan deras dengan durasi lama pada Kamis (11/11/2021) mengakibatkan terjadinya genangan banjir di wilayah Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri.

Tidak hanya satu, ada sejumlah lokasi yang dilaporkan sempat mengalami genangan banjir. Genangan terjadi lantaran beberapa luweng atau gua vertikal dalam tanah tersumbat.

Informasi yang diperoleh dari BPBD Wonogiri, sedikitnya ada lima luweng yang tersumbat. Yakni :
1. Luweng Mesu Desa Sumber Agung
2. Luweng Gandu Desa Joho
3. Luweng Galih Desa Joho
4. Luweng Badan Desa Joho
5. Luweng depan KUA Pracimantoro

Baca Juga :  Miris, Pelaku Pencurian Motor Yamaha Jupiter MX di Joho Jatisrono Wonogiri Ternyata Masih Siswa SMP 14 Tahun

Dampak dari tersumbatnya luweng mengakibatkan luapan air. Hingga menggenangi pekarangan dan lahan pertanian serta akses jalan.

“Kondisi genangan sekarang berangsur surut. Untuk luweng yang bisa dilakukan upaya pembersihan telah dilakukan pengkondisian oleh relawan, warga, aparat forkompimcam dibantu BPBD,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto.

Sementara genangan banjir terjadi di dekat lampu merah Kecamatan Pracimantoro Wonogiri, Kamis (11/11/2021). Banjir dipicu hujan deras yang turun dalam durasi lama.

Mulut luweng sebagai drainase alami diduga tidak mampu menampung limpahan air hujan. Ada perkiraan pula mulut luweng tersumbat.

Baca Juga :  Guru di SMPN 2 Wonogiri Positif COVID-19 Saat PTM, Benarkah? Ini Komentar Bupati Joko Sutopo alias Jekek

Akibatnya air menggenang sampai meluber ke jalanan. Terpaksa dilakukan penutupan jalan, arus kendaraan sempat dialihkan.

Kasubsi Penmas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono mengatakan, Kapolsek Pracimantoro AKP Setiyono bersama 4 anggota melaksanakan patroli dan pengaturan lalu lintas. Sekaligus pengalihan arus lalu lintas di depan SD MPK Pracimantoro atau sebelah barat lampu merah (bangjo) Kecamatan Pracimantoro.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua