JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Cegah Potensi Pendapatan Rp 24 miliar Menguap, Pemkot Solo Targetkan Revisi Perda IMB Akhir Selesai Tahun Ini

Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Taufiqurrahman. Foto: Triawati

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Pemkot Solo menggenjot penyelesaian revisi Perda IMB akhir tahun ini. Hal itu dilakukan untuk mencegah potensi penguapan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sekitar Rp 24 miliar.

Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Taufiqurrahman mengatakan, potensi pendapatan dari retribusi IMB diperkirakan sebesar Rp 24 miliar untuk tahun depan. Potensi tersebut bisa saja menguap atau menghilang jika Pemkot Solo tidak merubah Perda IMB (izin mendirikan bangunan) yang ada saat ini.

Baca Juga :  Rencana Penerapan PPKM Level 3 Akhir dan Awal Tahun, Solo Bakal Lockdown Mulai Pukul 9 Malam

Seperti diketahui, pemerintah pusat mengeluarkan PP Nomor 16/2021 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 28/2002 tentang Bangunan Gedung. Dengan keluarnya PP tersebut, hharus diikuti dengan tindakan pemerintah daerah merevisi Perda IMB nya. Jika tidak direvisi, maka Pemkot Solo tidak bisa memungut retribusi IMB tahun 2022.

“Ya, potensi pemasukan dari retribusi IMB sekitar Rp 24 miliar. Itu tahun depan, jika tidak segera ada revisi Perda Penyelenggaraan IMB artinya retribusi tidak bisa ditarik sejak awal tahun. Namun alhamdulillah, ini dari eksekutif sudah mengajukan, sudah masuk ke kami (pimpinan DPRD]). Nanti sgera kami respons untuk mekanisme selanjutnya,” urainya, Rabu (24/11/2021).

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua