JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dilematis Tangani Galian C, Tim Satpol PP Sragen Datangi Kantor Dinas ESDM Jateng di Solo. Begini Curhatnya!

Kasi Mineral dan Batubara Dinas Energi Sumberdaya dan Mineral Jawa Tengah, Joko Wiyanto (kiri) saat menerima tim Satpol PP Sragen yang berkonsultasi terkait galian C. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tim Satpol PP Kabupaten Sragen mendatangi kantor Dinas Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) Provinsi Jateng wilayah Solo, di Solo, Kamis (25/11/2021)

Mereka berkonsultasi terkait fenomena penambangan galian C ilegal yang belakangan menjadi sorotan di Sragen.

Maraknya galian C di daerah menghadirkan dilema tersendiri bagi aparat Satpol PP di tengah kebijakan kewenangan perizinan tambang Gal C yang ditarik ke pusat.

Tim Satpol PP yang datang itu dipimpin oleh Kasi Penindakan Penegakan Perda, Agung Dwi Jatmiko.

Di kantor Cabang ESDM Jateng di Solo, mereka kemudian diterima Kasi Mineral dan Batubara Dinas Energi Sumberdaya dan Mineral Jawa Tengah, Joko Wiyanto.

Baca Juga :  Fix, Pencairan Gaji ke-13 PNS di Sragen Direncanakan Awal Bulan. Total Ada 8.600 PNS, Simak Tanggal Cair dan Nominal Tertingginya!

“Iya. Kami sowan ke ESDM Jateng yang ada di Solo. Keperluannya untuk koordinasi masalah perizinan terbaru terkait penambangan galian C. Karena sekarang perizinan Galian C menjadi kewenangan pusat, tapi faktanya ketika ada permasalahan di lapangan, daerah yang mau tidak mau dituntut untuk menangani,” papar Kasi Penindakan Penegakan Perda Satpol PP Sragen, Agung Dwi Jatmiko kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (26/11/2021).

Menurut Agung, dari hasil konsultasi itu, diperoleh keterangan bahwa daerah masih memiliki kewenangan terkait urusan tambang galian C.

Baca Juga :  PT Bank Djoko Tingkir Sragen Sabet Penghargaan Top BUMD 2022 dari Infobank. Raih Predikat Excellent

Yakni perihal kewenangan pajak daerah dan kewenangan soal izin lingkungan. Meski izin NIB, WIUP hingga IUP atau izin eksplorasi berada di pusat, daerah masih berwenang dalam menerbitkan rekomendasi terkait izin lingkungan.

Rekomendasi izin lingkungan yang menjadi salah satu syarat untuk izin ke pusat itu menjadi kewenangan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Sementara, syarat untuk bisa beroperasi, pengelola tambang memang wajib mengantongi semua perizinan. Mulai dari NIB, WIUP, IUP hingga KLBI.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua