JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Dilengkapi Pasar Budaya, Kampung Seni Rodat Resmi Dirintis di Desa Bukuran Kalijambe. Bakal Jadi Destinasi Wisata Baru Penopang Sangiran

Seorang warga tengah melakukan meditasi di kompleks candi Watugenuk, Boyolali / Foto: Waskita

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Desa Bukuran, Kecamatan Kalijambe, Sragen kini resmi memiliki kampung seni yang diberi nama Kampung Rodat.

Kehadiran Kampung Rodat di Dukuh Bukuran, Desa Bukuran itu diharapkan menjadi daya tarik tersendiri untuk mendukung desa wisata di Kawasan Sangiran.

Kampung Rodat itu diresmikan Sabtu (20/11/2021). Peresmian ditandai dengan penampilan seni Rodat oleh sejumlah warga.

Ketua RT 10 Dukuh Bukuran, Sholeh, mengatakan konsep Kampung Rodat itu digagas untuk merintis sebuah tempat edukasi sekaligus untuk destinasi di wilayahnya.

Baca Juga :  Rekrutmen Dirut PDAM Sragen, 7 Pelamar Bersaing Duduki Jabatan Tertinggi, 4 Orang Wajah Baru

Diharapkan kampung Rodat itu bisa menjadi wahana melestarikan budaya seni Rodat namun juga memiliki daya tarik bagi wisatawan.

Tidak hanya atraksi seni Rodat, beragam potensi desa dari berbagai sektor juga ditampilkan di Kampung Rodat.

“Ada permainan tradisional, kuliner tradisional, dan atraksi gejok lesung. Pasar Budaya yang didukung pemerintah desa, pemerintah daerah, dan pemerintah pusat dua tahun terakhir menjadi asa bagi pelestarian Rodat,” urainya.

Baca Juga :  Makin Fenomenal, Festival Sedekah Bumi Pasar Bahulak Sedot 2.000 Pengunjung Mayoritas dari Luar Kota. Perputaran Fulus Tembus Rp 32 Juta

Sementara, Kades Bukuran Heriyanto mengatakan Rodat memang akan dijadikan salah satu ikon Desa Bukuran. Karenanya ia berharap dukungan semua pihak untuk berperan menjaga dan melestarikan tradisi tersebut.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua